nusakini.com - Australia - Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti workshop Program Early Childhood and Family Education Facilitator, di Workshop Monash University, Melbourne, Australia, baru-baru ini. Workshop ini terkait pengembangan karakter keluarga dan pendidikan usia dini yang diselenggarakan oleh Center for Empowerment and Research (CfER).

Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina, yang hadir dalam kunjungannya ke Australia, mengatakan, CfER merupakan lembaga riset di Melbourne, dengan fokus pada pemberdayaan wanita dan keluarga. 

"Tujuannya, agar dapat mengatasi dan mengantisipasi hambatan yang mungkin terjadi sebagai akibat perbedaan yang timbul dalam masyarakat yang beragam," ujarnya.

Workshop ini, kata Naoemi, untuk memberikan pemahaman tentang konsep penguatan keluarga. Terutama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), termasuk pendidikan karakter dan inquiry based. 

"Workshop dirancang dengan kombinasi kegiatan in class delivery dan kunjungan ke fasilitas pendukung kesejahteraan keluarga, terutama pendidikan anak usia dini," imbuhnya.

Adapun workshop yang diikuti, yaitu Workshop Character Based Education and Overview of Childcare in Australia, yang berlangsung di Monash University Cauldfield, 14 Maret 2023. Hadir sebagai narasumber yaitu Lara Fridani, M.Psych., Ph.D. and Helen Cridland, Ph.D. yang merupakan dosen di Monash University. 

"Workshop juga membahas konsep parenting, bagaimana pendidikan karakter bagi anak. Pendidikan karakter dimulai dari pengasuhan dan stimulasi yang diberikan orangtua," jelasnya.

Kesimpulan dari workshop ini, disebutkan Naoemi, pengembangan karakter adalah pondasi untuk belajar dalam jangka panjang. Membangun karakter anak harus dimulai sejak dini. Dan berbagai penelitian membuktikan bahwa sekolah yang membangun dan mengembangkan karakter anak memberikan kontribusi yang besar terhadap motivasi dan prestasi belajar anak.

Workshop selanjutnya adalah Workshop Playworld Concept, yang berlangsung di Monash University Peninsula, 15 Maret 2023. Hadir sebagai narasumber, Anne Suryani, Ph.D. and Monique Parkes. Konsep Playworld yang dikembangkan oleh Monash University merupakan model pengajaran membangun karakter anak sejak dini yang berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Math).

"Metode STEM adalah untuk membangun kemampuan berkreasi, berpikir, memecahkan masalah, inovatif, inventor, pada anak-anak usia dini. Playworld diawali dengan suatu cerita. Kemudian orangtua/pendidik dan anak-anak masuk ke dalam dunia imajiner mereka. Mereka bermain bersama, memecahkan masalah bersama, dan belajar konsep dalam bidang science, technology, engineering, and mathematics (STEM)," urainya.

Sebagai kelanjutan dari hasil workshop, TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan akan menerapkan konsep Playworld dengan menyesuaikan kondisi dan kearifan lokal setempat. Para guru PAUD perwakilan dari kabupaten kota akan diberikan pelatihan ataupun workshop mengenai konsep tersebut, yang akan langsung diberikan oleh narasumber dari Monash University. (*Cdt)