BDLHK Makassar Gelar Halal Bihalal

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Masa libur bersama hari raya Idul Fitri 1440 H. Seluruh Aparatur sipil negara (ASN) diharuskan kembali bekerja pada hari ini Senin,(10/6/ 2019) untuk menjalankan rutinitas seperti biasanya.

Pemandangan hari pertama kerja belumlah terlalu serius. Lebih bersifat silaturahmi antar rekan kerja, bahkan untuk mengisi kegiatan hari pertama pasca lebaran, BDLHK Makassar mengadakan acara Halal bi Halal sekaligus dirangkaikan penyambutan kehadiran pejabat Kepala Sub Bagian Tata Usaha yang baru Bapak Ibrahim, S.Sos. yang beralih tugas dari BDLHK Pematang Siantar.

Nampak hadir Kepala P3E Suma, Kepala Tata Usaha dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian P3E Suma. Edi Sulistyo selaku Kepala BDLHK yang punya hajatan mengundang para Kepala UPT LHK Lingkup Sulsel. Keakraban begitu jelas terjalin pada acara Halal bi Halal tersebut.

Bahwa tujuan Halal bi Halal adalah mengharmoniskan hubungan kekerabatan. Tulisan sederhana ini akan sedikit menelisik kembali esensi Halal bi Halal.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Halal bi Halal diartikan sebagai hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan, biasanya diadakan di sebuah tempat oleh sekelompok orang. Ensiklopedi Indonesia, 1978, menyebutkan bahwa Halal bi Halal berasal dari Bahasa Arab yang tidak berdasarkan gramatikanya yang benar sebagai pengganti istilah silaturrahmi.

Selain itu, hikmah silaturahim yang dibawakan oleh Ustadz Dr. Syahrir Nuhung, Lc., M.Th.I. Dalam tausiyahnya, beliau menekankan pentingnya menjaga persaudaraan dengan menghargai perbedaan pendapat, tidak egois dan menonjolkan diri, menjaga prasangka, dan tidak mencari kesalahan saudaranya. 

Acara diakhiri dengan doa bersama dan silaturahim.(R/Rajendra)