BBM Idealnya Turun Rp.500 Per Liter

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Rencana Pertamina menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai April direspon anggota Komisi VII DPR Dito Ganinduto. Dia mengusulkan penurunan harga BBM idealnya mencapai angka Rp.500 per liter.

"Tapi harga minyak itu kewenangan pemerintah. Karena kita wakil rakyat, kami minta sesuai dengan minyak mentah. Mungkin Rp.400 sampai Rp. 500," kata Dito saat ditemui usai diskusi di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Selasa (29/3/2016) 

Menurut Dito, usulan angka ini didasarkan pergerakan harga minyak mentah Indonesia atau ICP yang mulai naik belakangan ini. Proyeksinya, saat penyesuaian harga BBM selanjutnya pada Juli mendatang, harga BBM bisa saja mengalami kenaikan. "Padahal saat itu ada momentum lebaran. Jadi, sebaiknya penurunan harga BBM saat ini dilakukan lebih hati-hati," ujar Dito.

Penurunan yang tipis, kata dia, tentu akan menyisakan surplus dari penjualan harga BBM. Ia menilai pemerintah harus transparan dalam menunjukkan penggunaan dari surplus ini termasuk apabila akan dimasukkan dalam dana ketahanan energi (DKE). (ab)