Barcelona Gelar Pertemuan Dengan Federasi Sepak Bola Belanda

By ommed


nusakini.com - Koeman memiliki klausul kontrak untuk melepaskan jabatannya sebagai pelatih timnas Belanda pasca-Euro 2020.

Pelatih terdahulu Barcelona, Quique Setien, resmi dipecat pada Senin (17/8) malam waktu setempat seusai pertemuan dewan direksi klub di Camp Nou. 

Seperti dilansir dari media Belanda, Voetbal International, pada Selasa (18/8), perwakilan Barca telah berada di Negeri Kincir Angin tersebut untuk berunding dengan KNVB.

Koeman ditunjuk sebagai pelatih timnas Belanda sejak Februari 2018. Ia sebetulnya dikontrak KNVB hingga 2022 dan ditugaskan skuad Oranje berjaya pada Euro 2020 [sebelum ditunda hingga tahun depan].

Dalam kontrak tersebut, terdapat klausul khusus yang memungkinkan Koeman untuk melepaskan jabatannya, dalam hal ini melatih Barcelona.

Akan tetapi, klausul tersebut idealnya dapat diaktifkan setelah Euro 2020. Tetapi, penundaan turnamen dan ketidakpastian seputar sepakbola internasional membuat Koeman bakal sulit menolak tawaran Barca.

Adapun Koeman merupakan salah satu legenda Barcelona. Ia tergabung dalam periode hebat klub di bawah arahan Johan Cruyff. Nama pertama menjadi pilar Blaugrana pada rentang 1989–1995.

Juni lalu, Koeman mengaku sempat mendapat telepon dari pihak Barca terkait tawaran melatih. Namun saat itu, eks manajer Southampton dan Everton itu mengatakan belum memikirkan tawaran lain sebelum Euro 2020. (gi/om)