Bappenas: Peningkatan Dana Pendidikan Sejak 2008-2012 Tak Sesuai dengan Hasil

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sofyan Djalil dalam Musyawarah Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2016 di Jakarta, Rabu (20/4/2016) menilai, anggaran pendidikan terus meningkat sejak tahun 2008-2012‎. Peningkatan ini sekitar 20 persen dari anggaran di tahun 2008.

Peningkatan anggaran ini belum tercermin dari pendidikan yang masih saja belum merata di seluruh daerah. Lulusan dari pendidikan ini pun masih belum bisa terserap secara baik oleh dunia industri karena minimnya keahlian para terdidik.

"Barangkali saat ini masalahnya bukan di anggaran. Tapi bagaimana dana yang ada itu mencapai sasaran," kata Sofyan

Selain itu, Sofyan melihat saat ini dana pendidikan masih terpusat di perkotaan. Hal tersebut membuat pendidikan di luar kota atau di pedesaan dan juga di pulau-pulau masih saja tertinggal.

Selain permasalahan dana dan guru, masalah kurikulum juga dianggap terlalu banyak. Sehingga hal ini membuat otak siswa sulit fokus untuk meningkatkan ilmu yang sesuai dengan keinginginan mereka. Hasilnya malah banyak siswa menjadikan mencontek adalah hal lumrah.(if/mk)