Bappenas: Pemangkasan Anggaran Pemerintah Tidak Ganggu Proyek yang Berjalan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyampaikan, adanya kebijakan terkait pemangkasan anggaran belanja kementerian/lembaga seperti yang diminta Presiden Joko Widodo, tidak akan mengganggu proyek yang tengah berjalan.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, hal ini sudah ditentukan jumlah potongan anggaran tiap kementerian/lembaga pada rapat sebelumnya.

"Ada list (daftar), dan list itu sudah disetujui di rapat kabinet siapa dipotong berapa. Nanti list itu disesuaikan sendiri apa yan g dipotong. Dengan begitu diharapkan tidak terjadi distorsi dalam pembelanjaan," ujar Sofyan saat ditemui usai ibadah Jumatan di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Menteri Sfyan menjelaskan, pemotongan anggaran memang harus dilakukan mengingat penerimaan negara yang diperkirakan tidak mencapai target dan juga terbatasi oleh defisit anggaran yang tidak boleh lebih dari tiga persen dari PDB.

"Ke depan nanti kita akan prioritaskan program prioritas pertama prioritas kedua ketiga dan seterusnya, kita list. Kalau ada perubahan maka yang paling prioritas bawah dipotong dulu, agar tidak mengganggu proyek-proyek yang berprioritas tinggi," ujar Sofyan. (mk)