Bank Dunia Hibahkan Rp297 Miliar Untuk Pengelolaan Hutan Tropis Indonesia

By Admin

nusakini.com--Badan Direksi Bank Dunia telah menyetujui bantuan hibah senilai US$22 juta, atau setara Rp297 miliar kepada Indonesia untuk memperkuat pengelolaan hutan tropis, pengentasan kemiskinan di antara masyarakat yang kebergantungan pada hutan, guna mata pencahariannya dan menekan kerusakan lingkungan.  

“Masyarakat yang hidup dekat hutan sangat bergantung pada kawasan hutan untuk mata pencaharian dan mereka termasuk yang paling miskin di Indonesia. Program Investasi Hutan menawarkan kesempatan untuk memperbaiki penghasilan mereka melalui pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik. Dukungan ini merupakan bukti nyata kami terhadap Indonesia terkait penguatan manajemen lanskap,” ujar Rodrigo Chaves, Kepala Perwakian Bank Dunia untuk Indonesia, seperti dikutip dalam keterangannya, Minggu (29/5)

Badan Pembangunan Internasional Denmark, DANIDA, memberikan kontribusi senilai 40 juta kroner (US$5 juta, setara Rp67,5 miliar) ke total hibah yang dibiayai oleh inisiatif global bernama Forest Investment Program (FIP), atau Program Investasi Hutan.  Hibah ini ditujukan untuk membantu Badan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). 

KPH merupakan salah satu program prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah Nasional (RPJMN), karena berpotensi memperkuat tata kelola hutan, memperbaiki penggunaan aset sumber daya alam menuju pembangunan berkelanjutan, dan mengurangi kemiskinan di antara 32 juta rakyat Indonesia yang hidup di sekitar hutan.  

Program baru ini bertujuan mendukung KPH dengan memperkuat keahlian pemerintah daerah, organisasi masyarakat, pemegang izin pengelolaan hutan dan mempererat kemitraan di antara mereka.  KPH berada di bawah naungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (v/ab)