Bangga Wakili Sulawesi Selatan Sebagai Guru Berprestasi

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Kreativitas guru dalam proses belajar-mengajar di kelas menjadi sebuah kreasi dan kebanggan sendiri buat seorang guru. Seperti halnya Rini Budiarti,S.Pd.,M.Pd., guru IPA di SMP Islam Athirah 1 Makassar yang mendapatkan prestasi nasional sebagai guru berprestasi. Pencapaiannya yang luar biasa dengan melalui proses yang tidak mudah. Di sela-sela kesibukannya mengajar juga meluangkan waktu untuk membuat video sebagai syarat lomba dari Kemendikbudristek dengan jadwal yang telah ditentukan.

Hari guru yang diperingati pada hari Jum’at tanggal 25 November 2022 juga menjadi hari yang membahagiakan buat Rini Budiarti. Dari 4000 peserta lomba namanya menjadi salah satu finalis terbaik. Rini mewakili SMP Islam Athirah 1, kota Makassar dan provinsi Sulawesi Selatan di ajang guru berprestasi tingkat nasional di Jakarta.

Menurut Rini Budiarti, apresiasi yang diberikan oleh pemerintah melalui Kemendikbudristek ini merasa bersyukur karena dari 1,6 juta guru dikdas di Indonesia dan dari 4000 peserta lomba dia bisa masuk finalis. Dan tidak menyangka ternyata bisa menjadi finalis terbaik. Apa yang dia dapatkan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, terutama siswa-siswi SMP Athirah, tim work video praktik baik, serta teman-teman guru dan pimpinan.

“Bagi saya ini bukan titik akhir, namun sebuah awal untuk karya yang lebih baik dan untuk menginisiasi guru-guru lain terutama di Athirah untuk dapat mengikuti event kemdikbudristek yang rutin digelar setiap tahunnya.” ucapnya

Kepala SMP Islam Athirah 1 Nilamartini,S.Pd.,M.M. menyampaikan Alhamdulillah atas pencapaian salah satu guru SMP Athirah yakni Rini Budiart,S.Pd.,M.Pd. yang telah mengharumkan nama Athirah khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya. Sebagai pimpinan saya akan terus berusaha menginisasi dan mensupport guru-guru untuk mengembangkan kompetensi dan mengikuti lomba-lomba eksternal sekolah.

“Harapan saya pengalaman dan ilmu-ilmu yang didapatkan dapat diimbaskan kepada guru-guru lain. Sehingga seluruh guru dapat melakukan PBM dengan kreatif dan menyenangkan tentu dengan tujuan hasil belajar anak didik semakin maksimal.” tuturnya  

Direktur Sekolah Islam Athirah H.Syamril,S.T,M.Pd., menuturkan kebanggannya atas prestasi yang diraih oleh Rini Budiarti,S.Pd.,M.Pd. di kancah nasional mewakili guru Athirah dan provinsi Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah apa yang dicapai oleh Rini Budiarti semoga dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Ke depannya semoga dapat terus berkarya, berprestasi, dan berbagi. Mengikuti lomba bukan hanya untuk mendapatkan juara tetapi juga berbagi praktik baik yang dapat bermanfaat untuk guru yang lain. Semoga guru-guru lain dapat terinspirasi dan belajar dari bu Rini agar juga bisa meraih prestasi.” ujarnya.(rilis/Rajendra)