Bandara Narita Jepang Pasang Perangkap untuk Cegah Penyu Masuk di Landasan Pesawat

By Nad

nusakini.com - Internasional - Perangkap untuk mencegah penyu menyusup ke landasan pacu di bandara Narita dekat Tokyo dipasang Rabu (20/4) di kolam retensinya untuk menghindari terulangnya insiden tahun 2021 di mana gangguan oleh salah satu reptil menunda keberangkatan.

Perangkap apung sekitar 1 meter persegi ditempatkan di kolam retensi bandara di samping landasan pacu, karena banyak penggeser kolam - spesies penyu invasif - tampaknya berkembang biak di badan air di dekatnya.

Perangkap memanfaatkan kecenderungan penyu untuk berjemur. Jika satu ekor naik ke permukaan air dan memanjat struktur, kemungkinan akan jatuh ke jaring perangkap, menurut Narita International Airport Corp.

Operator bandara internasional berharap perangkap tersebut akan mencegah penyu masuk ke landasan sepanjang 4.000 meter dan mengarah pada operasi yang aman. Dikatakan langkah-langkah terpisah, termasuk memasang perangkap kandang, juga akan berlanjut hingga Oktober.

"Mungkin saja ada ratusan penggeser kolam di area tersebut, dan kami akan melihat apa yang efektif," kata Satoshi Shirai dari Departemen Pemeliharaan Lapangan Udara perusahaan.

Pemasangan perangkap dilakukan setelah insiden September 2021 di mana seekor kura-kura berukuran sekitar 30 sentimeter berjalan ke landasan, di mana ia ditemukan oleh seorang pilot dan kemudian ditangkap oleh staf bandara.

Pelanggaran yang dilakukan penyu ini menutup Runway A selama 12 menit dan menunda lima penerbangan selama maksimal 15 menit.

Penerbangan All Nippon Airways dengan desain kura-kura khusus menuju Naha di Prefektur Okinawa termasuk di antara layanan yang terpengaruh. Kebetulan itu mendapat perhatian di media sosial, dan ada spekulasi apakah kura-kura itu berusaha mendoakan agar perjalanan pesawat itu aman. (Kyodo/dd)