Bandara Abdul Rachman Saleh Kembali Beroperasi

By Admin

nusakini.com--Setelah ditutup sejak kemarin, Senin (11/7), Pihak otoritas Bandara Abdurahman Saleh, Malang Jawa Timur beroperasi kembali dengan normal, Selasa (12/7).

Penutupan ini berkaitan dengan adanya hujan abu tipis akibat erupsi Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur yang mengarah ke arah Barat-Barat Daya sehingga mengganggu aktifitas penerbangan. Pihak otoritas bandara akan terus berkoordinasi dengan PVMBG dan BMKG mengenai buka tutupnya bandara. 

Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumberdaya Mineral menginformasikan bahwa Gunung Bromo pada Senin pagi secara visual cuaca cerah-mendung, angin tenang, suhu 9-20°C. Asap kawah teramati kelabu kecoklatan sedang-tebal, tekanan lemah-sedang, tinggi asap berkisar 300-1200 meter dari puncak kawah kearah Barat-Barat daya. “Pengamatan Pos Gunung Bromo PVMBG secara seismik tremor amplitudo maksimum 1-5 mm dominan 2 mm. Artinya potensi erupsi kecil dengan membawa material abu vulkanik tipis masih akan berlangsung,” demikian dilaporkan PVMBG. 

Gunung Bromo saat ini berada pada tingkat Waspada (level II), dalam status WASPADA tersebut PVMBG merekomendasikan agar masyarakat di sekitar G.Bromo dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak melakukan aktifitas apapun didalam kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif G.Bromo. (p/ab)