Bagi Menaker Hanif, Tingkatkan Bisnis Tidak Cukup Modal Teknologi Saja

By Admin

nusakini.com--Investasi di sektor Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan menjadi hal yang sangat penting. Kualitas SDM dalam satu perusahaan dapat mempengaruhi kinerja bisnis perusahaan ke depannya. 

Untuk itu, pendidikan dan pelatihan kepada SDM di lingkungan perusahaan menjadi hal yang perlu dilakukan, sehingga bisnis perusahaan ke depan bisa semakin berkembang. 

"Perusahaan harus memberikan perhatian lebih serius kepada masalah human capital. Ketika ingin meningkatkan size bisnis tidak cukup mengandalkan modal teknologi saja atau tenaga kerja biasa-biasa saja," jelas Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri dalam acara Asian Corporate University Summit di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Selasa (8/11). 

"Ekonomi sudah berbasis pengetahuan, itu kenapa investasi perusahaan terhadap human capital penting untuk mendukung perusahaan melaju lebih baik," lanjut Menaker Hanif. 

Dia juga meminta kepada perusahaan untuk memberikan pelatihan khusus kepada pegawainya lewat lembaga pendidikan di internal perusahaan. Lembaga pendidikan di bawah perusahaan sangat dibutuhkan sebagai bagian dari pengembangan SDM. "Mengembangkan model in house training ini sesuatu yang positif," ujar Menaker Hanif. 

Perusahaan juga bisa memberikan pelatihan keahlian atau vokasi kepada para pegawainya. Perusahaan juga diminta untuk memberikan kesempatan kepada calon tenaga kerja untuk terlibat dalam program magang. Sehingga sebelum masuk ke dunia kerja sudah memiliki pengalaman. 

"Kedua mendorong pelatihan-pelatihan pendidikan vokasi bisa dikembangkan masif. Kemenaker bekerja sama dengan industri untuk program magang pelatihan kerja," tuturnya.(p/ab)