Ayo Kunjungi Gelar Produk IKM Kreatif di Balai Kota

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Gelar Produk IKM Kreatif Tahun 2019 di Balai Kota DKI Jakarta. Pelaksanaan kali ini berlangsung mulai 28-31 Oktober 2019. 

Peserta yang turut serta dalam kegiatan ini berjumlah 64 industri kecil dan menengah (IKM). Rinciannya, IKM komoditi makanan/minuman sebanyak 38 IKM, fesyen 12 IKM, komoditi kerajinan sebanyak 12 IKM, dan komoditi kosmetik/sabun dua IKM.

Adapun pelaku IKM tersebut merupakan Binaan Dinas PE di lima wilayah kota, Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, dan masyarakat peserta program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) di tingkat Kecamatan. 

Kepala Bidang Industri Dinas PE DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, Gelar Produk IKM Tahun 2019 diselenggarakan untuk membantu para IKM memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan pendapatannya. 

"Ini bentuk dukungan Pemprov DKI Jakarta berupa penyediaan bantuan fasilitas promosi produk IKM, mekanisme pemasaran, termasuk pengembangan jaringan," ujarnya, Selasa (29/10) 

Ratu menjelaskan, secara tidak langsung, produk-produk yang dihasilkan oleh para IKM sudah dapat bersaing dengan produk industri sejenis lainnya yang telah berada di pasar. 

"Ini kesempatan dan peluang yang baik bagi para pelaku IKM untuk memperkenalkan, meningkatkan, dan mengembangkan produk kreatif mereka agar memiliki daya saing tinggi dan mampu menciptakan peluang kerja untuk masyarakat," terangnya. 

Ia menambahkan, kegiatan ini harus menjadi momentum untuk mendorong terobosan yang inovatif bagi para produsen produk-produk kreatif IKM, serta mampu memanfaatkan berbagai akses fasilitas pemasaran baik secara offline maupun online. 

"Kami juga terus mendorong agar semakin banyak generasi muda yang bisa menjadi pelaku IKM di Jakarta," tandasnya.(p/ab)