Audit Internal Berperan Strategis Tingkatkan Perekonomian Bangsa

By Admin


nusakini.com - Denpasar - Mantan Wakil Presiden Prof Dr H Boediono menilai pengawasan dan audit internal pada lembaga pemerintah dan non pemerintah memiliki peran strategis dalam meningkatkan perekonomian bangsa di tengah krisis ekonomi global. 

Menurut dia, sukses atau tidaknya pertumbuhan ekonomi bangsa saat ini, sangat ditentukan adanya efisiensi dan daya saing audit di setiap struktur organisasi yang ada di negara ini.

"Salah satu upaya menumbuhkan perekonomian bangsa melalui peningkatan standar kualitas dari audit internal itu sendiri, sehingga peran pengawasan (audit internal) sangat penting," ujar Boediono yang tampil sebagai pembicara utama dalam Seminar Nasional Internal Audit 2016, di Kuta, Rabu (27/4/2016).

Menurut Boediono, dengan adanya standar kebutuhan untuk fungsi internal audit yang baik, diharapkan mampu mendukung setiap organisasi dalam pemerintahan maupun non pemerintahan dalam meningkatkan level perekonomian bangsa.

"Hal ini sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing sumber daya manusia (SDM) di masing-masing organisasi, sehingga mampu menghadapi era krisis secara global saat ini," ujarnya.(ab)