Asosiasi Rumput Laut Indonesia-China Sepakat SulSel Menjadi Pusat Riset dan Pengembangan Rumput Laut

By Admin


nusakini.com - Makassar - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Ir. H. Agus Arifin Nu'mang, MS menerima rombongan Ketua Umum Asososiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) Safari A. Husain dan Sekretaris Jenderal China Algae Industry Asociation (CAIA) Jingxiang Guan di Kantor Gubernur tanggal 29 April 2016 dalam rangka melaporkan adanya MOU yang telah di tandatangani di Jakarta untuk pengembangan industri rumput laut dan pendirian pusat riset rumput laut di Indonesia.


Melihat perkembangan produksi dan eksport rumput laut Indonesia yang 70 % berasal dari Sulawesi Selatan meminta izin dan dukungan Pemprov agar Pusat Riset Dan Pengembangan Rumput Laut ditempatkan di Selawesi Selatan. 

Wagub SelSel sangat menyambut baik keinginan ARLI dan CAIA tersebut dan menjelaskan 17 Kabupaten/Kota yang memiliki produksi rumput laut baik gracilaria, cottonii dan spinosum menjadi modal awal yang sangat potensil untuk dikembangkan. 


Rumput Laut sebagai komoditas unggulan dan strategis Pemprov SulSel yang melibatkan banyak tenaga kerja dan telah berhasil mengangkat taraf hidup masyarakat pesisir.


Wagub menambahkan bahwa Pemprov siap bekerjasama dan mengambil bagian dari Pusat Riset dan Pengembangan Rumput Laut tersebut dan berharap CAIA dapat bersama-sama dengan ARLI mewujudkan Seaweed Industrial Park di Sulawesi Selatan.(sul)