Asosiasi Dokter Medis Jepang Bantu Majukan Kaum Petani Sulawesi

By Admin

nusakini.com--Konsul Jenderal RI Osaka didampingi Korfung Pensosbud menerima kunjungan Mr. Shunsuke Tanaka, Manager of Food Program dari Association of Medical Doctors of Asia (AMDA), Senin (22/11). Pertemuan ini, dalam rangka menyampaikan perkembangan sejumlah kegiatan AMDA, khususnya di Indonesia. 

AMDA sendiri merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat non-profit yang bergerak di bidang kemanusiaan khususnya sektor kesehatan masyarakat dan aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan di berbagai negara di kawasan Asia. AMDA didirikan dan didukung para dokter medis dari kawasan Asia dan memiliki lebih dari 30 cabang internasional serta menjalin kerjasama dengan 47 organisasi terkait di seluruh dunia seperti UNHCR, WHO, WFP, UNOCHA dan organisasi internasional lainnya. 

Pada kesempatan pertemuan, Mr. Tanaka menyampaikan perkembangan terkini upaya AMDA untuk memajukan pertanian di Indonesia, khususnya di daerah Gowa, Sulawesi Selatan. Sejak 2013 AMDA telah secara aktif memberikan penyuluhan dan bimbingan teknis bagi para petani beras yang memiliki lading di daerah-daerah yang relatif sulit ditanami beras, seperti didaerah-daerah pegunungan terpencil. Sebagai hasilnya, para petani setempat sejak 2013 telah berhasil panen secara rutin 1 kali dalam setahun. 

Selain menyampaikan apresiasinya atas kiprah AMDA di Indonesia, Konjen RI juga menyampaikan potensi pengembangan sektor pertanian di wilayah Indonesia timur lainnya, antara lain di Manokwari, Papua, yang dapat dikembangkan oleh AMDA di masa mendatang. Mengakhiri pertemuan, Mr. Tanaka menyerahkan secara simbolis hasil panen beras dari petani binaan AMDA di wilayah Okayama. (p/ab)