nusakini.com - Internasional - Utusan khusus AS untuk Korea Utara Sung Kim telah meminta China untuk bergabung dengan Amerika Serikat dalam mengecam Korea Utara atas peluncuran misilnya baru-baru ini, yang ditemukan merupakan uji coba yang melibatkan sistem misil balistik antarbenua baru, kata Departemen Luar Negeri, Minggu (12/3).

Panggilan telepon dengan rekan Kim dari China Liu Xiaoming berlangsung pada hari Kamis (10/3), hari yang sama ketika pemerintah AS mengumumkan analisisnya bahwa Korea Utara telah menguji sistem ICBM baru dengan dua peluncuran rudal terbarunya pada 27 Februari dan 5 Maret.

Menurut departemen tersebut, Kim memberi tahu Liu bahwa dia khawatir bahwa kedua peluncuran itu menunjukkan "tekad Pyongyang untuk memajukan senjata pemusnah massal dan program rudal balistiknya yang melanggar hukum dan melanjutkan jalur yang semakin meningkat."

Memperhatikan bahwa memastikan stabilitas regional adalah kepentingan kedua negara, Kim meminta China, sekutu penting dan dermawan ekonomi Korea Utara, untuk bergabung dengan Washington "secara terbuka mengutuk" tes tersebut dan mendorong Beijing untuk mendesak Pyongyang untuk "menghentikan aktivitasnya yang tidak stabil. dan kembali ke dialog."

Kim juga menegaskan kembali bahwa Amerika Serikat "tetap terbuka untuk diplomasi" dengan Korea Utara untuk membuat kemajuan menuju denuklirisasi lengkap di Semenanjung Korea, menurut departemen tersebut.

Pemerintah AS mengatakan tes baru-baru ini bisa menjadi pendahuluan untuk peluncuran ICBM "pada jarak penuh."

Rudal yang ditembakkan ke arah Laut Jepang pada 27 Februari dan 5 Maret tampaknya diluncurkan pada lintasan yang lebih tinggi untuk membatasi jarak terbang mereka.

Korea Utara telah melakukan sembilan rangkaian uji coba rudal tahun ini. Negara itu juga mengisyaratkan pada Januari bahwa mereka dapat melanjutkan uji coba nuklir dan ICBM untuk pertama kalinya sejak 2017, meningkatkan kekhawatiran atas pengembangan berkelanjutan dari ICBM berkemampuan nuklir yang berpotensi mencapai tanah air AS. (kyodo/dd)