Arab Saudi Tangkap Pria yang Selundupkan Jurnalis Israel ke Mekah

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang pria Saudi yang diduga membantu seorang jurnalis Yahudi Israel memasuki kota suci Mekah telah ditangkap, kata polisi di kerajaan itu, setelah reaksi di media sosial.

Wartawan, Gil Tamary dari Israel's Channel 13, memposting di Twitter video dirinya pada hari Senin (18/7) menyelinap ke Mekah, kota paling suci Islam, yang bertentangan dengan larangan non-Muslim.

Polisi regional Mekkah telah "mengajukan seorang warga negara" ke jaksa karena dugaan keterlibatan dalam "memindahkan dan memfasilitasi masuknya seorang jurnalis (non-Muslim)", kata seorang juru bicara polisi dalam komentar yang dilaporkan oleh Saudi Press Agency resmi pada Jumat (22/7) malam.

SPA tidak menyebutkan nama Tamary tetapi mengatakan dia adalah warga negara Amerika, menyiratkan bahwa dia telah memasuki negara itu menggunakan paspor Amerikanya karena kerajaan itu tidak memiliki hubungan formal dengan Israel.

Kasusnya juga telah dirujuk ke jaksa "untuk mengambil prosedur yang diperlukan terhadapnya sesuai dengan hukum yang berlaku", meskipun warga negara Israel itu tidak lagi berada di kerajaan.

Sementara Muslim dari berbagai kebangsaan dan latar belakang dapat memasuki Mekah, non-Muslim tidak diizinkan karena kode etik dan perilaku yang sangat spesifik diperlukan dari semua orang dalam batas-batasnya, termasuk bentuk-bentuk tertentu dari kesopanan, pembersihan ritual dan doa.

Dalam klipnya yang berdurasi sekitar 10 menit, Tamary mengunjungi Gunung Arafat, tempat peziarah Muslim berjubah berkumpul untuk berdoa selama klimaks haji setiap tahun.

Dia menjelaskan bahwa dia tahu bahwa apa yang dia lakukan dilarang tetapi mengatakan dia ingin menunjukkan “tempat yang sangat penting bagi saudara dan saudari Muslim kita”.

Tamary meninggalkan gunung setelah dia mengatakan polisi agama mulai mengajukan pertanyaan kepadanya untuk memastikan dia seorang Muslim.

Reaksi publik atas kunjungan Tamary langsung muncul di media sosial, dengan Muslim dan Saudi mengungkapkan kemarahan mereka atas penipuannya dan pengabaian terhadap kesucian situs tersebut.

Insiden itu terjadi ketika hubungan Saudi-Israel diam-diam tumbuh di tengah kekhawatiran bersama atas Iran. Secara publik, kerajaan menegaskan kebijakannya adalah bahwa ikatan penuh hanya dapat terjadi ketika kenegaraan dan hak-hak Palestina dijamin.

Reporter dan Channel 13 menanggapi di Twitter setelah laporan tersebut ditayangkan. Saluran berita tersebut, baik dalam bahasa Ibrani dan Arab, mengatakan laporan Tamary didorong oleh “keingintahuan jurnalistik” dan keinginan untuk menyaksikan dan melihat hal-hal secara langsung.

Polisi meminta pengunjung untuk menghormati hukum Arab Saudi, terutama ketika datang ke Mekah dan tempat-tempat suci Islam di kerajaan itu. (aljazeera/dd)