Arab Saudi Eksekusi Mati 81 Tahanan, Eksekusi Massa Terbesar

By Nad

nusakini.com - Internasional - Arab Saudi mengeksekusi 81 orang pada hari Sabtu (12/3), yaitu mereka yang dihukum karena kejahatan mulai dari pembunuhan hingga menjadi anggota kelompok militan, sebuah eksekusi massal terbesar yang diketahui dilakukan di kerajaan itu dalam sejarah modernnya.

Jumlah yang dieksekusi bahkan melampaui korban eksekusi massal Januari 1980 terhadap 63 militan yang dihukum karena merebut Masjidil Haram di Mekah pada 1979, serangan militan terburuk yang menargetkan kerajaan dan situs paling suci Islam.

Tidak jelas mengapa kerajaan memilih hari Sabtu untuk eksekusi, meskipun mereka datang karena banyak perhatian dunia tetap terfokus pada perang Rusia di Ukraina dan karena AS berharap untuk menurunkan harga bensin rekor tertinggi karena harga energi melonjak di seluruh dunia. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dilaporkan merencanakan perjalanan ke Arab Saudi minggu depan karena harga minyak juga.

Jumlah kasus hukuman mati yang dilakukan di Arab Saudi telah menurun selama pandemi virus corona, meskipun kerajaan terus memenggal kepala terpidana di bawah Raja Salman dan putranya yang tegas, Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Saudi Press Agency yang dikelola pemerintah mengumumkan eksekusi hari Sabtu, dengan mengatakan mereka termasuk "yang dihukum karena berbagai kejahatan, termasuk pembunuhan pria, wanita dan anak-anak yang tidak bersalah."

Kerajaan juga mengatakan beberapa dari mereka yang dieksekusi adalah anggota al-Qaida, kelompok Negara Islam dan juga pendukung pemberontak Houthi Yaman. Koalisi yang dipimpin Saudi telah memerangi Houthi yang didukung Iran sejak 2015 di negara tetangga Yaman dalam upaya untuk mengembalikan pemerintah yang diakui secara internasional ke tampuk kekuasaan.

Mereka yang dieksekusi termasuk 73 warga Saudi, tujuh warga Yaman dan satu warga Suriah. Laporan itu tidak mengatakan di mana eksekusi itu terjadi.

''Terdakwa diberikan hak untuk mendapatkan pengacara dan dijamin hak penuh mereka di bawah hukum Saudi selama proses peradilan, yang menyatakan mereka bersalah melakukan berbagai kejahatan keji yang menyebabkan sejumlah besar warga sipil dan petugas penegak hukum tewas,'' kata Kantor Pers Saudi.

"Kerajaan akan terus mengambil sikap tegas dan teguh terhadap terorisme dan ideologi ekstremis yang mengancam stabilitas seluruh dunia," tambah laporan itu. Tidak disebutkan bagaimana para tahanan dieksekusi, meskipun para terpidana mati biasanya dipenggal di Arab Saudi.

Sebuah pengumuman oleh televisi pemerintah Saudi menggambarkan mereka yang dieksekusi sebagai "mengikuti jejak setan" dalam melakukan kejahatan mereka.

Eksekusi itu langsung menuai kecaman internasional.

''Dunia harus tahu sekarang bahwa ketika Mohammed bin Salman menjanjikan reformasi, pertumpahan darah pasti akan terjadi,'' kata Soraya Bauwens, wakil direktur Reprieve, sebuah kelompok advokasi yang berbasis di London.

Ali Adubusi, direktur Organisasi Hak Asasi Manusia Eropa Saudi, menuduh bahwa beberapa dari mereka yang dieksekusi telah disiksa dan menghadapi persidangan "yang dilakukan secara rahasia".

''Eksekusi ini kebalikan dari keadilan,'' katanya.

Eksekusi massal terakhir kerajaan terjadi pada Januari 2016, ketika kerajaan mengeksekusi 47 orang, termasuk seorang ulama Syiah oposisi terkemuka yang telah menggalang demonstrasi di kerajaan.

Pada 2019, kerajaan memenggal 37 warga Saudi, kebanyakan dari mereka minoritas Syiah, dalam eksekusi massal di seluruh negeri karena dugaan kejahatan terkait terorisme. Itu juga secara terbuka memakukan tubuh dan kepala terpenggal dari seorang ekstremis yang dihukum ke sebuah tiang sebagai peringatan bagi orang lain. Penyaliban seperti itu setelah eksekusi, meskipun jarang, memang terjadi di kerajaan.

Aktivis, termasuk Ali al-Ahmed dari Institut Urusan Teluk yang berbasis di AS, dan kelompok Demokrasi untuk Dunia Arab Sekarang mengatakan mereka percaya bahwa lebih dari tiga lusin dari mereka yang dieksekusi hari Sabtu juga adalah Syiah. Pernyataan Saudi, bagaimanapun, tidak mengidentifikasi agama dari mereka yang terbunuh.

Kaum Syiah, yang tinggal terutama di bagian timur kerajaan yang kaya minyak, telah lama mengeluh diperlakukan sebagai warga negara kelas dua. Eksekusi terhadap kaum Syiah di masa lalu telah memicu kerusuhan regional. Sementara itu, Arab Saudi tetap terlibat dalam pembicaraan diplomatik dengan saingan regional Syiahnya, Iran, untuk mencoba meredakan ketegangan selama bertahun-tahun.

Protes sporadis meletus Sabtu malam di kerajaan pulau Bahrain - yang memiliki mayoritas penduduk Syiah tetapi diperintah oleh monarki Sunni, sekutu Saudi - atas eksekusi massal.

Perebutan Masjidil Haram tahun 1979 tetap menjadi momen penting dalam sejarah kerajaan kaya minyak itu.

Sekelompok militan ultrakonservatif Saudi Sunni merebut Masjidil Haram, rumah bagi Ka'bah berbentuk kubus tempat umat Muslim berdoa lima kali sehari, menuntut keluarga kerajaan Al Saud turun tahta. Pengepungan dua minggu yang diikuti berakhir dengan korban tewas resmi 229 tewas. Para penguasa kerajaan segera memeluk Wahhabisme, sebuah doktrin Islam ultrakonservatif.

Sejak mengambil alih kekuasaan, Putra Mahkota Mohammed di bawah ayahnya semakin meliberalisasi kehidupan di kerajaan, membuka bioskop, memungkinkan perempuan untuk mengemudi dan memfitnah polisi agama yang dulu ditakuti di negara itu.

Namun, badan intelijen AS yakin putra mahkota juga memerintahkan pembunuhan dan pemotongan kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi, sambil mengawasi serangan udara di Yaman yang menewaskan ratusan warga sipil.

Dalam kutipan wawancara dengan majalah The Atlantic, putra mahkota membahas hukuman mati, mengatakan "persentase tinggi" dari eksekusi telah dihentikan melalui pembayaran yang disebut "uang darah" untuk keluarga yang berduka.

''Nah tentang hukuman mati, kami menyingkirkan semuanya, kecuali satu kategori, dan yang ini tertulis dalam Al-Qur'an, dan kami tidak bisa berbuat apa-apa, bahkan jika kami ingin melakukan sesuatu, karena sudah jelas. mengajar dalam Al-Qur'an,'' kata sang pangeran, menurut transkrip yang kemudian diterbitkan oleh saluran berita satelit milik Saudi Al-Arabiya.

''Jika seseorang membunuh seseorang, orang lain, keluarga orang itu berhak, setelah pergi ke pengadilan, untuk menerapkan hukuman mati, kecuali mereka memaafkannya. Atau kalau ada yang mengancam nyawa banyak orang, berarti harus dihukum mati.''

Dia menambahkan: ''Terlepas dari apakah saya suka atau tidak, saya tidak memiliki kekuatan untuk mengubahnya.'' (AP/dd)