nusakini.com - Internasional - Perusahaan aksasa teknologi AS, Apple telah menjadi perusahaan pertama yang mencapai nilai pasar saham sebesar $3tn (Rp 42.936 triliun).

Harga saham perusahaan telah meningkat sekitar 5.800% sejak salah satu pendiri dan mantan kepala eksekutif Steve Jobs meluncurkan iPhone pertama pada tahun 2007.

Namun, nilainya tergelincir sedikit dari tonggak sejarah itu, mengakhiri sesi perdagangan pada hari Senin (3/1) di New York pada $2,99tn.

Apple telah menjadi salah satu pemenang besar pandemi, karena lockdown akibat coronavirus membuat pengeluaran untuk gadget melonjak.

"Mencapai $ 3 triliun adalah momen bersejarah lainnya bagi Apple karena perusahaan terus membuktikan bahwa pihak yang meragukan mereka salah," kata Dan Ives, seorang analis dari Wedbush.

Butuh waktu lebih dari 16 bulan untuk valuasi pasar saham Apple naik dari $2tn menjadi $3tn, karena perusahaan teknologi terbesar di dunia melihat permintaan melonjak karena orang menjadi lebih bergantung pada smartphone, tablet dan laptop selama lockdown.

Perusahaan ini menjadi perusahaan pertama yang mencapai nilai pasar saham sebesar $1 triliun pada Agustus 2018.

iPhone biasanya menjadi sekitar setengah porsi dari total penjualan perusahaan, sementara mereka juga terkenal dengan tablet iPad dan komputer Mac-nya.

Bagian bisnis yang semakin penting adalah perangkat lunak, yang dijual melalui toko Apple, ruang penyimpanan melalui iCloud, dan layanan seperti platform berlangganan musik, televisi, dan kebugarannya.

"Pintu utama penilaian ulang penilaian Apple tetap pada bisnis layanannya yang kami yakini bernilai $ 1,5 triliun," kata Ives.

Pada bulan Agustus, kepala eksekutif Apple Tim Cook menerima lebih dari lima juta saham di perusahaan, saat ia merayakan sepuluh tahun bekerja di perusahaan tersebut.

Sebuah perusahaan yang mengajukan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS menunjukkan bahwa ia menjual sebagian besar sahamnya dengan harga lebih dari $750 juta.

Itu adalah bagian dari kesepakatan yang dia buat ketika dia mengambil alih dari salah satu pendiri Apple, Steve Jobs.

Penghargaan ini bergantung pada seberapa baik kinerja saham Apple dibandingkan dengan perusahaan lain di indeks saham S&P 500.

Apple yang berbasis di Cupertino, California didirikan pada tahun 1976 oleh Steve Jobs dan mitra bisnisnya Steve Wozniak dan Ronald Wayne.

Perusahaan itu membuat debut pasar sahamnya pada tahun 1980 dengan penilaian pasar sebesar $1,8 miliar.

Pada bulan November, komputer Apple pertama yang dibuat oleh Wozniak dan Jobs terjual $400.000 di lelang di AS.