Aplikasi Petani SMILE Berikan Lonjakan Efisiensi Besar dalam Pelatihan SDM

By Admin


nusakini.com - BOGOR - Metode pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) mencapai titik efisiensi terbaik. Efektivitas efisiensinya hingga 10 kali lipat. Metodenya dikembangkan online melalui aplikasi Pelatihan Pertanian on Smart Mobile (Petani Smile) yang dilaunching pada Jumat (27/11).


“Aplikasi Petani Smile menawarkan banyak kemudahan dengan efisiensi tinggi. Kini pembiayaan bisa ditekan maksimal. Tata waktunya sangat terjaga, lalu sebaran zonasi peserta pelatihannya semakin luas. Siapapun dan di manapun bisa bergabung,” ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.


Beragam inovasi memang terus dikembangkan Kementan. Tujuannya, meningkatkan produktivitasnya secara menyeluruh. Menekan pembiayaan dan waktu, tapi memiliki cakup sasaran luas dengan kualitas terjaga. 


Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi menambahkan, pelatihan online dengan menggunakan aplikasi Petani Smile akan didorong terus. Metode konsep pelatihan lama secara offline akan dikurangi porsinya.


“Aplikasi Petani Smile menjadi basic pelatihan online yang luar biasa. Dengan memakai aplikasi Petani Smile ini, semua kebutuhan petani dan penyuluh akan terpenuhi. Biaya dan waktunya juga terpangkas sangat signifikan. Biayanya sangat murah, yaitu sekitar 10% dari model pelatihan offline tatap muka. Model ini akan didorong, lalu metode tatap muka akan dipangkas,” jelas Dedi Nursyamsi.


Selain efisiensi, metode pelatihan online melalui aplikasi Petani Smile menjanjikan kualitas bagi para penikmatnya. Sebab, aplikasi Petani Smile dikembangkan dengan Learning Management System (LMS), Elektronik System Informasi Pelatihan Pertanian (ESIPP), juga Cloud Computing. LMS akan memberikan akses kepada 11 elearning dalam lingkup Puslatan. 


Komposisi LMS terdiri dari Bertani on Cloud, PPMKP Ciawi, dan BBPKH Cinagara. Ada juga BBPP Ketidan, Lembang, Batu, Binuang, dan lainnya. Ruang lingkup pelatihan meliputi, Belajar Peternakan, Tanpa Batas, Lulus, Ruang Diskusi, Responsive Design, Perawatan Mesin Disel, Mengenal Sifat Fisik Tanah, dan banyak lagi.


“Kualitas metode pelatihan online dengan aplikasi Petani Smile tetap terjaga. Kualitas outputnya tentu saja identik dengan offline atau tatap langsung. Tapi, kalau dihitung pembiayaan dan lainnya tentu lebih unggul. Bukan sekedar itu, dengan metode perekaman, siapapun bisa belajar secara berulang dengan lebih leluasa,” tegas Dedi lagi.


Sementara, Kepala Puslatan Bustanul Arifin Caya menjelaskan, pelatihan online memberi optimalisasi hasil menjanjikan. Apalagi, konten terbaik memang ditawarkan aplikasi Pelatihan Smile. Sistemnya juga mudah dipahami. Siapaun juga bisa menikmati akses data di manapun. Konsep ini dinikmati melalui Puslatan Cloud. Yaitu, media penyimpanan file secara digital.


“Semua sudah bergeser secara online sekarang. Melalui aplikasi Petani Smile, semua sisi positifnya ditingkatkan. Efisisensinya naik signifikan. Siapapun juga bisa mendapatkan pengetahuan yang sangat beragam terkait pertanian. Mari tingkatkan kemampuan dan ketrampilan bertani melaui aplikasi Petani Smile tersebut,” tutup Bustanul.