Anugerah Tokoh Perubahan Republika Disematkan Pada Menkominfo

By Admin


nusakini.comJakarta - Gelar sebagai Tokoh Perubahan Republika 2015 disematkan pada Menteri Komunikasi dan Informatika atas upayanya melancarkan penggunaan layanan 4G LTE di Indonesia. “Saya ini tak ada apa-apanya dibanding banyak orang yang jauh lebih egible untuk jadi tokoh perubahan”, kata Rudiantara ketika memberi sambutan di acara tersebut, Senin (21/3/2016).

Terpilihnya Menteri Komunikasi dan Informatika sebagai Tokoh Perubahan Republika 2015 karena telah bekerja membangun ekosistem digital di Tanah Air. Mulai dari  percepatan layanan 4G, pengadaan inkubasi bagi pengembang lokal, perlindungan data pribadi bagi para pengguna internet, dan pemberlakuan segera aturan TKDN serta Aplikasi Over The Top (OTT).

Menkominfo mengungkapkan bahwa anugerah ini bukanlah untuk dirinya, melainkan untuk industri. “Bagaimana membuat perubahan dalam konteks Digital Ekonomi. Boleh deh, ini bukan untuk saya tetapi untuk teman-teman lainnya,” jelasnya.

“Kalau bicara soal 4G, itu baru ekosistemnya broadband. Ada namanya Network, ada program yang sudah ditandatangani kontraknya oleh Menteri keuangan yaitu Palapa Ring. Tujuan ini semua agar 1 Januari 2019 seluruh wilayah Indonesia sudah terhubung broadband,” paparnya.

Pada kesempatan itu pula, Menkominfo memaparkan program kerja kementerian yang dipimpinnya di bidang Application yaitu OTT lokal yang kemarin baru saja di-launching untuk segera didukung, dan Device yang sedang digarap oleh Kementerian Perdagangan bersama Kementerian Perindustrian mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di dalam perangkat smartphones nantinya. (am)