Angkatan Laut Australia Amankan Kapal Penangkap Ikan Penuh Senjata

By Admin


Nusakini.com - Angkatan laut Australia telah mengamankan senjata dalam jumlah besar di kapal penangkap ikan yang diduga akan menuju ke Somalia. ABK dari salah satu kapal perang menemukan pelontar granat, senapan mesin dan hampir 2.000 senapan serbu disembunyikan di bawah jaring penangkap ikan. tidak jelas siapa yang memindahkan senjata tersebut atau  akhir dari kapal pengangkut senjata.

Kapal perang Australia itu adalah bagian dari angkatan laut internasional yang menerapkan sanksi PBB sehingga mereka boleh mencegat senjata yang menuju Somalia di mana kelompok berhaluan Islam Al-Shaabab tengah aktif. Senjata-senjata ini disembunyikan di bawah jaring penangkap ikan.

Menurut laporan AFP, kapal HMAS Darwin mencegat kapal penangkap ikan yang "tengah menuju pantai Somalia" sekitar 315 kilometer dari Oman. Kapal penangkap ikan tersebut di berhentikan karena tidak memasang bendera negara sebagai tanda pengenal.

Wakil Admiral Australia David Johnston mengatakan bahwa, itu adalah temuan signifikan. Jika tak dihentikan, kapal tersebut juga akan melewati lepas pantai Yaman, yang sementara ini juga mengalami perang saudara. (am)