Angka Vaksinasi di Cina Mencapai 1 Milyar

By Nad

nusakini.com - Internasional - Program vaksinasi COVID-19 di Cina akan segera mencapai angka 1 milyar dosis, angka yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya.

Cina telah memberikan 945 juta dosis vaksin terhadap warganya hingga hari Rabu (16/6). Angka ini hampir tiga kali banyaknya dibandingkan jumlah vaksinasi di Amerika Serikat. Selain itu, 40% dari angka vaksinasi dunia juga berasal dari Cina.

Awalnya, laju vaksinasi di Cina termasuk lamban, melihat pada bulan Maret, pemberian vaksin hanya sekitar 1 juta dosis. Namun memasuki bulan Mei, kecepatan vaksinasi jauh meningkat. Sekitar 500 juta dosis telah diberikan pada warganya pada bulan Mei, berdasarkan data dari Komisi Kesehatan Nasional Cina.

Warga Cina awalnya melihat vaksinasi tidak terlalu mendesak karena penanganan kasus COVID-19 yang baik oleh pemerintah. Namun, keinginan mereka untuk divaksinasi muncul ketika kasus-kasus mulai bermunculan di provinsi Anhui, Liaoning, dan Guangdong.

Selain itu, beberapa mall dan tempat umum di Cina mengharuskan pengunjung untuk menunjukkan sertifikasi vaksin mereka jika ingin memasuki lokasi-lokasi tersebut. Sebuah taman kota di Heibei bahkan menolak pengunjung yang belum divaksin dan menuntun mereka ke lokasi vaksinasi terdekat.

Pada minggu awal Juni, kota-kota besar seperti Shanghai dan Beijing telah melakukan vaksinasi penuh terhadap 70% dari warganya.