Anggota Parlemen di Prancis Dapat Ancaman Pembunuhan karena Dukung Sertifikat Vaksin

By Nad

nusakini.com - Internasional - Beberapa anggota parlemen Prancis mengatakan mereka telah menerima ancaman pembunuhan ketika mereka memperdebatkan sertifikat Covid-19 yang akan melarang mereka yang tidak divaksinasi dari sebagian besar kehidupan publik.

Pemerintah sedang berusaha untuk meloloskan undang-undang yang mengharuskan orang untuk menunjukkan bukti vaksinasi untuk mengakses tempat-tempat umum dan transportasi dengan beberapa pengecualian.

Undang-undang tersebut diperkirakan akan disetujui dalam pemungutan suara minggu ini tetapi telah membuat marah para penentang vaksin.

Prancis memiliki salah satu tingkat vaksinasi Covid tertinggi di UE.

Setidaknya 91% dari populasi orang dewasa telah sepenuhnya disuntik vaksin, menurut pemerintah Prancis.

Pada hari Minggu (2/1) Agnes Firmin Le Bodo dari partai Agir-kanan tengah mengunggah foto email yang dia terima di Twitter-nya yang berisi ancaman untuk membunuhnya atas dukungannya terhadap sertifikat vaksinasi.

"Demokrasi kita dalam bahaya," tulis Ms Firmin Le Bodo, yang juga merupakan seorang apoteker dan memvaksinasi orang terhadap Covid.

Dalam sebuah wawancara dengan BFM TV, dia mengatakan bahwa dia telah melaporkan ancaman tersebut kepada polisi dan tidak akan terhalang untuk mendukung pemberian vaksin.

Anggota parlemen lainnya, Naïma Moutchou dari partai Horizons, membagikan tweet serupa yang menyertakan tangkapan layar dari ancaman yang dikirim melalui email.

Di parlemen pada hari Senin (3/1), Menteri Kesehatan Olivier Veran mengutuk ancaman pembunuhan dan "keegoisan" dari penentang vaksin tersebut.

Pekan lalu, Menteri Dalam Negeri Gérald Darmanin mengatakan polisi akan memperkuat perlindungan bagi pejabat terpilih menjelang pemungutan suara untuk izin sertifikasi vaksin.

Barbara Bessot Ballot dari En Marche dari partai berkuasa mengatakan anggota parlemen telah menerima pesan yang mengancam akan membunuh mereka karena "menyerang kebebasan kita".

"Ancaman pembunuhan itu tidak dapat diterima," tulisnya di Twitter.

Sepanjang pandemi, para kritikus menuduh pemerintah Presiden Prancis Emmanuel Macron melanggar kebebasan dengan memberlakukan aturan Covid. Protes terhadap aturan ini telah diadakan secara teratur.

Selama berbulan-bulan Prancis telah meminta orang untuk menunjukkan bukti vaksinasi atau tes Covid-19 negatif untuk mengakses banyak tempat umum.

Tetapi pemerintah Prancis telah memutuskan untuk menghapus opsi untuk menunjukkan tes negatif sebagai tanggapan atas rekor peningkatan infeksi, didorong oleh varian Omicron dan Delta yang sangat menular dari Covid.

Pemerintah bertujuan untuk memberlakukan izin vaksin pada pertengahan Januari, setelah disetujui oleh parlemen.

Sebagian besar pihak mendukung izin vaksin, yang diperkirakan akan disahkan oleh majelis rendah awal pekan ini, sebelum diperdebatkan di Senat pada Rabu (5/1).