Aneka Kegiatan di SMK Kehutanan Negeri Makassar untuk Memeriahkan HUT RI

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--SMK Kehutanan Negeri Makassar telah melaksanakan aneka kegiatan di sekolah maupun partisipasi  di luar sekolah untuk memeriahkan HUT RI ke-77  selama 5 hari dari tanggal 13 - 17 Agustus 2022. Selama hari kerja/belajar dilaksanakan pada sore hari, sedangkan bukan hari kerja/ belajar dilaksanakan pagi dan sore hari. Kegiatan ini mengacu pada tema besar HUT RI ke-77, yaitu "Pulih Lebih cepat, Bangkit Lebih Kuat"  untuk menyemangati kegiatan perlombaan, pertandingan, bakti sosial, maupun saat kegiatan puncak kenaikan upacara bendera HUT RI.

OSIS SMK Kehutanan Negeri Makassar sebagai penyelenggara telah melaksanakan  perlombaan sebanyak 3 kegiatan, yaitu: menggambar, mewarnai, dan puisi. Dan pertandingan sebanyak 10 kegiatan,  yaitu: Tenis meja, Futsal, Futsal Dangdut, Tarik tambang, Panco, Cari Koin dalam tepung, Lari Karung full body, Makan Kerupuk, Voly, dan Lari Putaran Bumi. 

Kegiatan tersebut mudah dilaksanakan, karena seluruh siswa wajib tinggal di asrama, sedangkan pembina sebagian besar tinggal di kompleks sekolah. Sekolah berasrama selain memudahkan dalam pembinaan 300 an siswa, dikarenakan siswa juga berasal dari 9 provinsi (6 provinsi se Sulawesi, NTB, NTT dan Maluku Utara) yang merupakan wilayah pelayanan SMK Kehutanan Negeri Makassar. 

Pemenang pertandingan dan lomba dibacakan  Vina Walaidah kelas XII TKSDH saat acara Malam Penutupan 17 Agustus 2022 yang dihadiri oleh Kepala Sekolah Mukhamad  Ari Hidayanto, pembina, siswa, alumni, dharma wanita dan warga komplek di lapangan olah raga SMK Kehutanan Negeri Makassar. 

Lomba  menggambar dengan Juara 1 Davit Banten TP XII TIPH; juara 2 Adul Azis Simbala XI TIPH; dan juara 3 Aditya Muh. Riski XI TIPH. 

Lomba  Puisi dengan Juara 1 Ayu R XB;  juara 2 A. Sri Hasrayanti XII TRRH; dan juara 3 Aisyah Mutmainnah Sain XI TIPH.

Pertandingan tennis meja putra dengan Juara 1 pembina  ; juara 2 Pasangan Kepsek & Brimob ; dan juara 3 warga komplek.

Pertandingan tenis meja putri  dengan Juara 1 Kls XII; juara 2 kls XI; dan juara 3 kls X . 

Pertandingan futsal dengan Juara 1 dari Alumni; juara 2  Kls XIIB; dan juara 3 Kls XIIA. 

Pertandingan futsal dangdut putra dengan Juara 1  Kls XII TIPH; juara  kls XII TRRH; dan juara 3 Kls XII TKSDH. 

Pertandingan   futsal dangdut putri  dengan Juara 1 KLS XII; juara 2  Kls XI; dan juara 3 Tata Usaha. 

Pertandingan tarik tambang putra dengan Juara 1 Guru; juara 2  pembina non guru; dan juara 3 warga komplek . 

Pertandingan tarik tambang putri  dengan Juara 1 warga komplek; juara 2  Kls XII; dan juara 3 Staf TU . 

Pertandingan panco dengan Juara 1 Vikri Raja kls XII TKSDH; juara 2  Muh. Ardiansyah XII TKSDH; dan juara 3 Muh. Faiz Zaky  XII TIPH.

Pertandingan cari koin  putra dalam tepung dengan Juara 1 Azis  XI TIPH; juara 2  Irsal Maulana XII TRRH; dan juara 3 Jaswal XI TRRH. 

Pertandingan lari karung full body putra dengan Juara 1  Iyan Wijaya XII TKSDH; juara 2 Zubair XI TRRH; dan juara 3 Jaswal XI TRRH.

Pertandingan lari karung full body putri dengan Juara 1 Risma  XII TKSDH; juara 2 Rivalina XII TIPH; dan juara 3 Vina XII TKSDH. 

Pertandingan makan krupuk putra dengan Juara 1 Adit jaya XII TRRH; juara 2 Philip XII TRRH; dan juara 3 Rafli XI TKSDH. 

Pertandingan lari putaran bumi putra dengan Juara 1 Jaswal XI TRRH; juara 2  Jusuf Qodri XII TRRH; dan juara 3 Alif Syam XII TIPH. 

Pertandingan voly dengan Juara 1  XII TRRH; juara 2  XII TKSDA; dan juara 3 Alumni.

Di sela-sela pembacaan para pemenang pertandingan dan lomba, diisi acara hiburan dari siswa, berupa seni suara dan berbagai atraksi lainnya.

"Panitia merasa sangat puas atas terlaksananya kegiatan sekolah dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 karena partisipasi semua pihak sangat luar biasa, baik dari siswa, OSIS, pembina, warga komplek, alumni, orang tua, dan pihak lainnya." Demikian disampaikan oleh Said Ammar Basalamah. Siswa asal Gorontalo yang duduk di kelas XII TRRH itu menyampaikan, "Semoga kegiatan ke depan panitia lebih meningkatkan koordinasi dan komunikasi setiap jenis kegiatan, persiapan dilaksanakan lebih matang dan lebih awal, dan  jenis lomba perlu ditambah terutama yang sesuai tema kemerdekaan." Menurut ketua panitia yang hidungnya mancung itu, "Bahwa sumber dana kegiatan dari  OSIS dan Wakasek bidang Kesiswaan." Menurut Ammar, panggilan akrab ketua panitia, "Merasa senang selama persiapan dan pelaksanaan kegiatan senantiasa dapat dukungan penuh dari  Muh. Ahkamul Fatwa sebagai Ketua OSIS; dukungan juga dari Rahmat Hamzah, S.Hut. sebagai Pembina OSIS; dan juga dukungan dari Faturrahman, S.Hut sebagai Wakasek Kesiswaan." 

OSIS selain melaksanakan lomba dan pertandingan yang paling membanggakan juga adalah SMK Kehutanan Negeri Makassar sekaligus sebagai pelaksana utama dan peserta upacara HUT RI ke 77 di BDLHK Makassar.  Sebanyak 12 orang sebagai paskibraka; 26 orang sebagai marching band; dan 24 orang obade; serta 30 orang perserta upacara. Pelaksanaan tersebut dihadiri oleh rimbawan  se-Sulawesi Selatan terdiri dari 14 UPT (Unit Pelaksana Teknis) KLHK sekitar 800 orang peserta upacara. 

Selain itu panitia juga melakukan kegiatan Donor darah oleh 20 orang siswa pendonor yg bekerja sama dengan klinik TNI AU Daya-Makassar.(rilis)