Android Bakal Dapat Pesaing Baru.

By Admin

nusakini.com--Sistem operasi mobile populer Android bakal mendapatkan pesaing baru. Pasalnya, Rusia dikakabarkan berambisi menyaingi Android dengan sistem operasi mobile buatan mereka. 

Tanda-tanda Rusia serius ingin menyaingi Anrdroid bisa dilihat dari persiapan ekosistem. Pemerintah Negeri Beruang Putih itu sudah mengembangkan fasilitas untuk pengembangan sistem operasi pesaing Android di Innopolis, sebuah wilayah di Tatarstan.  

Sistem operasi itu akan dikembangkan oleh perusahaan baru yang bernama Open Mobile Platform (OMP) yang telah didirikan pada April lalu.

Bicara soal sistem operasi baru itu, Presiden OMP, Grigory Berezkin, mengatakan Rusia ingin menargetkan pasar massal dan smartphone yang terjangkau alias tak mahal.

Rusia belajar banyak dari smartphone buatan Rusia yang pertama, YotaPhone. Perangkat itu dibanderol terlalu mahal, sehingga di pasar tidak mendapatkan respons yang bagus. Untuk itu, nantinya produk smartphone yang menjalankan sistem operasi terbaru kemungkinan akan berharga tidak sampai US$200 atau Rp2,6 juta. Kunci smartphone terjangkau ini adalah sistem operasi mobile Rusia dan prosesor buatan lokal.

Berezkin mengatakan perangkat yang akan menjalankan sistem operasi baru itu segera akan tersedia di pasar dalam negeri. Saat ini, Berezkin mengatakan perusahaan sedang menjajaki dengan produsen smartphone, namun belum mencapai kesepakatan.

Berezkin mengatakan sistem operasi baru akan dikembangkan dengan platform Sailfish, yang berbasis Linux. Pengembang di Innopolis akan menyesuaikan platform Sailfish untuk kebutuhan pengguna Rusia.

Sedangkan Kepala Analis Russian Association of Electronic Communications (RAEC), Karen Kazaryan mengatakan sistem operasi baru akan dikembangkan atas dasar komponen yang sudah ada. Dia menyebutkan pengembang harus mengambil teknologi kripto yang ada di Rusia dan kemudian fokus pada sistem operasi dengan tingkat keamanan yang tinggi. (v/ab)