Andi Ansyari Datu Mangkona dinobatkan sebagai Pemegang Mandat Majelis Agung Raja Sultan Indonesia Sulsel

By Admin


nusakini.com - Makassar - Ratusan orang perwakilan dari para Raja, Sultan, Datu', Penglesir, dan Pemangku Adat di Propinsi Sulawesi Selatan hadir dalam acara Rapat Pemantapan pengukuhan Pengurus Majelis Agung Raja Sultan (MARS) Indonesia bertempat Di Hotel Maleo kota Makassar, Minggu (16/9/2018).

Para Raja, Sultan, Datu, dan Pemangku Adat tampak hadir masing masing mewakili keturunan dari masing masing kerajaan di Propinsi Sulawesi Selatan.

Andi Ansyari Datu Mangkona dinobatkan selaku pemegang mandat Majelis Agung Raja Sultan (MARS) Indonesia Propinsi Sulsel bersama dengan 4 orang keturunan Raja lainnya.

Andi Ansyari mengatakan bahwa pembentukan MARS Indonesia Propinsi Sulawesi Selatan sebagai upaya untuk terus melestarikan budaya yang ada di Indonesia.

"Budaya daerah diharapkan mampu menjadi pembentuk jati diri bangsa karena jati diri merupakan karateristik jiwa bangsa" kata Putra Arung Matowa Wajo Datu Mangkona tersebut.

Andi Ansyari Menambahkan bahwa selanjutnya dari hasil rapat ini akan dibawa ke dewan majelis agung pusat untuk meminta agar segera dikukuhkan dalam waktu dekat.

Turut hadir dalam rapat pemantapan pengurus MARS Indonesia Propinsi Sulawesi Selatan, Hari Ichsan Selaku Sekjen dewan agung MARS Indonesia sekaligus membacakan Surat keputusan pemegang mandat Pengurus MARS Sulawesi Selatan. 

Diketahui bahwa Mars merupakan organisasi tunggal yang diakui oleh negara untuk membentuk organisasi kerajaan di Indonesia. (p/mk)