Ambisi Google Ingin Otak Manusia Secanggih Android di 2045 Mendatang

By Admin


nusakini.com - Google punya ambisi yang demikian spektakuler. Pasalnya, di tahun 2045 mendatang, perusahaan ini ingin memacu daya kerja kapasitas otak manusia secerdas sistem operasional Android.

Hal ini diungkapkan Director of Engineering Google Ray Kurzweil ketika diwawancarai situs Playboy, beberapa waktu lalu.

"Manusia punya kapasitas otak terbatas. Setidaknya sejuta kali lebih lambat dari elektronik komputasi," kata dia dalam wawancara, sebagaimana dilaporkan Cnet, Sabtu (23/4/2016).  

Menurut Kurzweil, cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menyisipkan nanobot ke dalam otak. Rencana itu bakal mulai direalisasikan Google pada 2030 mendatang.  

Kurzweil berharap kepintaran manusia tak lagi memiliki celah pada 2045. Singkatnya, otak manusia diproyeksikan akan secerdas sistem operasi Anrdoid "Kami sudah menuju ke sana," ujarnya.  

Kurzweil menjelaskan, perangkat Android yang saat ini masih terpisah dengan tubuh manusia akan menjadi bagian yang menyatu seutuhnya. Ia pun mencontohkan kemungkinan yang terjadi jika hal tersebut terealisasi.  

"Misalnya saya berjalan dengan pendiri Google Larry Page. Saya punya waktu tiga detik untuk mempersiapkan omongan cerdas. Otak saya tak akan mampu mempersiapkannya," ujarnya.  

"Saya butuh referensi sejuta modul dalam dua detik. Saya bisa mengaksesnya dari sistem cloud, seperti yang saat ini dimungkinkansmartphone. Dengan begitu, saya bisa mengeluarkan kalimat-kalimat yang benar," tandasnya. (mk)