Amarta: Wajah Baru Jakarta Cerminan Perubahan Jadi Lebih Baik

By Al


nusakini.com - Jakarta - Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), Rico Sinaga mengatakan, tema HUT ke-492 kota Jakarta merupakan cerminan perubahan untuk menjadi lebih baik. Perubahan-perubahan itu harus dilakukan untuk semua bidang, baik fisik maupun non-fisik.

"Tema Wajah Baru Jakarta harus bisa diimplementasikan dan diaplikasikan untuk mewujudkan Jakarta yang semakin maju dan bahagia warganya," ujarnya

Rico mengapresiasi, perubahan-perubahan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang menjadi semakin indah dipandang mata, kekinian, dan ramah penyandang disabilitas. Selain itu, sejumlah lokasi trotoar juga sudah diperbaiki.

"Beroperasinya moda transportasi MRT dan LRT juga menjadi bagian dari pembenahan di bidang transportasi yang menjadi wajah baru Jakarta. Saya kira sudah banyak perubahan di Jakarta, termasuk berkaitan dengan taman-taman," terangnya.

Ia menambahkan, tema HUT ke-492 kota Jakarta tersebut harus bisa diimplementasikan dengan baik oleh seluruh jajaran di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Jakarta sebagai barometer dan kota metropolitan bisa menunjukkan kelasnya. Terlebih, Jakarta sebagai Ibu kota juga menjadi pusat kegiatan bisnis," ungkapnya.

Tidak kalah penting, sambungnya, pemanfaatan teknologi dan informasi harus bisa diaplikasikan untuk memberikan banyak kemudahan. Artinya, harus memberikan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya.

"Saya ingin dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang sudah menggunakan sistem online itu harus betul-betul memberikan kemudahan. Jangan sampai ada antrean di sekolah-sekolah, sistemnya harus dibangun dan disosialisasikan dengan baik," tandasnya.(pr/kj/al)