Akom: ADKASI Salah Satu Cara Mengatasi Konflik Antar Warga Papua

By Admin


nusakini.com - Sorong - DPR RI sangat mendorong kemitraan DPRD dengan jaringan-jaringan untuk perdamaian Papua Barat dan Papua dalam bentuk dialog-dialog konstruktif. Dialog-dialog konstruktif tersebut sangat diperlukan untuk segera mengikis kecurigaan antar warga dan kecurigaan antara daerah dan pusat.

Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) saat menghadiri rapat koordinasi Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) Wilayah Papua dan Papua Barat, Rabu (20/4/2016) mengatakan, konflik antar warga sejatinya bersumber dari kesenjangan pembangunan, lalu dibumbui dengan perbedaan pandangan antar kelompok.Oleh karena itu stabilitas keamanan dan kerukunan masyarakat menjadi salah satu faktor terpenting lancarnya pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Untuk itu, kata dia perlu dilakukan komunikasi intensif dengan masyarakat", tegas Akom.

Akom politisi Fraksi Partai Golkar (F-PG) itu menambahkan, ADKASI Wilayah Papua dan Papua Barat, harus rekonsiliasi nasional dan tetap memprioritaskan keunikan Papua dan Papua Barat dan Papua dalam bingkai NKRI. ADKASI memiliki kekuatan besar untuk membangun Indonesia yang berkeadilan karena memiliki 17 ribu anggota di 508 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Sumber daya ini, kata dia, akan menjadi kekuatan besar untuk membangun Indonesia yang berkeadilan, yang memperhatikan keunikan daerah untuk kelancaran pembangunan nasional.(if/mk)