Akibat Pandemi Covid-19, Garebeg Sawal Keraton Yogyakarta Ditiadakan

By Abdi Satria


nusakini.com-Yogyakarta-Akibat pandemi Covid-19, hajat Dalem Gerebeg Sawal menjadi kegiatan rutin yang digelar Keraton Yogyakarta saat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah ditiadakan. Walaupun begitu, kegiatan rutin ini dilakukan dengan membagikan ubarampe gunungan berupa rengginang. 

Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura, Keraton Yogyakarta, GKR Condrokirono mengatakan, pembagian rengginang ini tetap memperhatikan protokol kesehatan terkait Covid-19. Setidaknya, ada 2.700 rengginang yang dibagikan kepada Abdi Dalem Keraton Yogyakarta, Kepatihan dan Puro Pakualaman. 

"Prosesi arak-arakan gunungan beserta prajurit yang biasa digelar memang tidak ada. Namun, kami tetap akan membagikan ubarampe gunungan yang berupa rengginang. Hal ini merupakan usaha Keraton Yogyakarta dalam melestarikan tradisi di tengah pandemi," katanya, Ahad (24/5). 

Dengan begitu, diharapkan nilai budaya dari garebeg ini tidak hilang. Ia menjelaskan, prosesi garebeg itu sendiri merupakan bentuk ungkapan syukur dan sedekah dari raja kepada kerabat dan rakyatnya.  (p/ab)