Ajang Sport Tourism Babel Targetkan 12 Juta Wisman

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam peluncuran Sungailiat Triathlon, Selasa (19/4) malam, di Jakarta, mengapresiasi bakal digelarnya ajang yang memadukan wisata dan olahraga (sport tourism) Sungailiat Triathlon 2016 pada 23 April. Ajang ini menargetkan kunjungan 12 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) pada 2016.

Menurut Menpar, Bangka Belitung (Babel) di kwartal pertama 2016 telah mencatat kunjungan wisman mencapai 5.400 dari target 7.500 pada 2016. Begitu juga untuk wisatawan nusantara yang telah mencapai 565 ribu dari target 700 ribu wisatawan.

Adapun yang dimaksud sport tourism ialah memadukan olahraga renang, sepeda dan lari, Sungailiat Triathlon terbagi dalam tiga kategori. Hingga saat ini tercatat 425 peserta telah terdaftar. Mereka terdiri dari sejumlah negara seperti Aljazair, Australia, Austria, AS, Belanda, Brasil, Filipina, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, Kanada, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Swedia, Rumania, Prancis dan tuan rumah Indonesia.(if/mk)