AFC Cup: Lawan Bali United, Kaya FC-Iloilo Mau Tiru Jejak Visakha FC

By ommed


nusakini.com - Kemenangan telak yang diraih Visakha FC atas Bali United menjadi inspirasi bagi wakil Filipina Kaya FC-Iloilo dalam pertandingan pamungkas Grup G Piala AFC 2022 di Stadion Dipta Gianyar, Kamis (30/6) sore WIB.

Peluang Kaya FC untuk lolos ke semi-final Zona ASEAN sudah tertutup, mengingat mereka telah melalui dua laga dengan kekalahan. Kaya FC saat ini menduduki posisi juru kunci klasemen sementara.

Kendati demikian, Kaya FC tak ingin pulang kampung dengan tangan hampa. Mereka berusaha meraih kemenangan di laga terakhir untuk menyelamatkan harga diri sekaligus bangkit dari keterpurukan usai dibantai Kedah Darul Aman 4-1.

Pelatih Yu Hoshide mengutarakan, dua pertandingan sebelumnya menjadi pelajaran berharga bagi skuad Kaya FC, dan meyakini performa tim bakal mengalami peningkatan. Kemenangan Visakha di hadapan suporter Bali United menjadi inspirasi bagi anak asuhnya.

“Kami telah belajar banyak dari pertandingan sebelumnya, apa yang salah dan di mana kekurangan kami. Jadi kami akan mencoba memperbaikinya,” kata Hoshide dikutip laman konfederasi sepakbola Asia (AFC).

“Dalam dua pertandingan terakhir kami terlihat disorientasi secara fisik di babak kedua yang menyebabkan kami kebobolan gol. Tetapi saya telah memberi tahu para pemain, jika kami dapat mempertahankan tingkat fokus yang tinggi, mungkin kami bisa melakukan yang lebih baik.”

“Bali mempunyai pemain yang bagus, agresif, dan memiliki keunggulan sebagai tuan rumah. Tapi saya melihat kelemahan mereka dalam pertandingan melawan Visakha. Jadi kami akan mencoba memanfaatkan itu dan mengincar tiga poin.”

Keyakinan serupa disampaikan Oskari Kekkonen. Kapten Kaya FC ini mengatakan, seluruh pemain tidak ingin mengecewakan fans mereka di Filipina, dan berusaha meraih tiga angka di laga pamungkas.

“Dari sudut pandang pemain, kami juga sangat kecewa, karena tidak mendapatkan poin. Tapi kami berutang kepada klub dan para pendukung untuk berjuang sampai menit terakhir, serta mencoba untuk mendapatkan tiga poin di pertandingan terakhir,” tegas gelandang Filipina U-23 tersebut. (gi/om)