880 Calon Paskibraka Kota Makassar Ikuti Tahapan Seleksi

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar- Melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar resmi membuka tahapan seleksi penerimaan Tim Paskibraka Tingkat Kota Makassar tahun 2019 di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu (27/3).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Makassar, Ahmad Hendra Hakamuddin mengatakan, pada hari ini sebanyak 880 lebih siswa-siswi yang berasal dari berbagai SMA dan SMK se kota Makassar hadir mengikuti tahapan seleksi Paskibraka.

Tahapan penjaringan hari pertama peserta akan mengikuti beberapa tahapan dan seleksi dengan menggunakan sistem gugur. 

" Kita akan seleksi dengan ketat dari jumlah 880 kita jadikan 500 besar, kemudian seleksi lagi menjadi 100 besar dan pada akhirnya seleksi, akan terpilih 70 orang yang akan menjadi pengibar bendera pada perayaan 17 Agustus mendatang," jelas Hendra.

Hendra menambahkan, seluruh SMA negeri, swasta dan kejuruan dilibatkan dalam seleksi. Terkait mengenai kriteria seleksi tim paskibraka mencakup postur tubuh, intelegensia, psikotes dan kerja sama tim. 

"Kerja sama tim merupakan hal yang paling utama karena dalam pelaksanan nanti, mereka tidak membawa dirinya sendiri, tapi merupakan satu kesatuan rangkaian yang tidak bisa dipisahkan," jelas Hendra. 

Hendra mengatakan, masa seleksi dan latihan tim Paskibraka sendiri akan berlangsung hingga bulan Mei mendatang. 

"Masa seleksi dan latihan hingga bulan Mei dan akan terbentuk 70 besar di Mei nanti. Masa proses latihan tidak akan terpotong di bulan puasa nanti. Mereka akan tetap diseleksi dan latihan di bulan puasa," tutupnya. 

Dalam tahapan Seleksi Kadispora Kota Makassar dibantu oleh Instruktur dari Tim Paskibraka Makassar berasal dari TNI Angkatan Darat. (dayat)