7.500 Mangrove dan Cemara Laut Ditanam di Pantai Pulau Panjang

By Admin

Mangrove (ilustrasi) 

nusakini.com - Kepala Satuan Polisi Perairan Resor Jepara, Jawa Tengah, Ajun Komisaris Polisi Hendrik Irawan menghadiri Bakti Lingkungan Kagama penanaman 7.500 batang mangrove dan cemara laut di Pantai Pulau Panjang, Minggu (30//10/2016).

Pada kegiatan tersebut diikuti oleh 169 orang dari Matarna Unisnu, kelompok klub Vespa, Yayasan Surya Jepara, Kodim 0719 Jepara, Polres Jepara, Kagama, PLTU Tanjung Jati B, Kahmi, PMI, penggiat penanam mangrove Arcapala dan Kelompok nelayan Bandengan.

Kapolres Jepara AKBP M Samsu Arifin melalui Kasat Polair AKP Hendrik Irawan mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan penanaman pohon mangrove dan cemara laut di pantai Pulau Panjang.

Dengan adanya penanaman pohon mangrove (kayu bakau) ini, diharapkan bisa menjaga garis pantai agar tetap stabil guna melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai, melindungi pantai dari kerusakan, seperti erosi atau abrasi. “Itu juga berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir,” katanya.

Dirinya juga berharap, semoga dengan adanya kegiatan ini, turut andil dalam mengurangi pemanasan global yang disebabkan oleh ulah manusia dengan bentuk pembangunan yang tidak terkontrol sehingga meningkatnya suhu bumi. (p/mk)