75 Kader PKK Matraman Ikuti Sosialisasi Ayam ASUH

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 75 kader PKK se Kecamatan Matraman, Jakarta Timur mengikuti sosialisasi Ayam Aman Sehat utuh dan Halal (ASUH). Kegiatan yang dipusatkan di RPTRA Utan Kayu Selatan Berseri ini digagas Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur.

Kerala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiany mengatakan, ayam ASUH perlu diketahui kader PKK yang didominasi kaum ibu. Sebab ditargetkan pada 2019 nanti di pasar-pasar hanya ada ayam tanpa bulu (ATB).

"Daging ayam ASUH merupakan pangan asal hewan yang kaya gizi. Terutama protein, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan serta kecerdasan," kata Irma Budiany.

Dengan sosialisasi ini juga diharapkan para peserta memiliki pengetahuan lebih tentang daging ayamk. Bahkan mereka dilatih berwirausaha, yakni menjadi distributor ayam ASUH maupun membuat produk pengolahan peternakan.

"Kegiatan sosialisasi ini sekaligus untuk menunjang program OK OCE. Karena peserta diberikan pembekalan untuk wirausaha. Bahkan kita lakukan pendampingan dan dijembatani menjadi wirausahawan," tuturnya.

Sementara, Endah Jubaedah (45) seorang peserta yang juga warga Palmeriam, mengaku senang adanya sosialisasi ini. Sebab ia menjadi tahu tentang adanya ayam ASUH.

"Kami menyambut baik sosialisasi ini karena pikiran jadi terbuka untuk berwirausaha. Kita juga tahu tentang adanya ayam ASUH," tandasnya.(pr/kj/al)