70 Ribu Kader Dasa Wisma Dikerahkan Lakukan Pendataan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta mengerahkan 70.902 kader Dasa Wisma untuk melakukan pendataan individu, keluarga dan lingkungan.

Para kader Dasa Wisma ini melakukan pengumpulan data kondisi sosial, ekonomi, dan ekologi keluarga-keluarga yang tinggal di Jakarta. Data tersebut akan menjadi rujukan Pemprov DKI Jakarta dalam mengambil kebijakan.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, informasi yang dikumpulkan para kader Dasa Wisma sangat akurat. Sehingga keluarga yang membutuhkan perhatian lebih bisa teridentifikasi.

"Sudah mulai bergerak melakukan pendataan. Variabel pendataan ada KK, jumlah anak, status atau dokumen kepemilikan rumah, luas bangunan, sertifikat hak milik dan lain-lain," ujarnya

Tuty menyampaikan, dalam proses pendataan ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta dalam hal sinkronisasi data. Saat ini Dinas PPAPP juga sedang membuat aplikasi baru untuk membantu kader Dasa Wisma dalam melakukan pendataan. 

"Aplikasi ini membantu kinerja Dasa Wisma mendata secara online. Begitu pula verifikasinya. Nanti kelompok PKK RT/RW dikasih password masing-masing," tandasnya.