7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mudik

By Admin

Foto/Ilustrasi  

nusakini.com - Tidak terasa sebentar lagi musim mudik Lebaran. Bila pillihan Anda melakukan mudik adalah road trip alias mengendarai kendaraan sendiri tentu ada yang perlu diperhatikan. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya Anda jangan lakukan saat mudik.

1. Tidur di Sepanjang Perjalanan Mudik Lebaran

Melakukan perjalanan mudik memang relatif melelahkan karena dilakukan sambil berpuasa. Namun, jangan tidur di sepanjang perjalanan terus-terusan karena itu akan membuat tubuhmu lebih cepat lelah. Tidurlah secukupnya jika benar-benar lelah.

2. Jangan Menyetel Musik Terlalu Kencang

Bosan di perjalanan? Setel musik favoritmu saja! Tapi ingat, jangan menyetelnya terlalu kencang, apalagi jika kamu mengendarai mobil sendiri. Musik yang terlalu kencang akan membuat konsentrasi mudah buyar sehingga mengganggu keselamatan berkendara.

3. Mengobrol Terlalu Lama

Selain mendengarkan musik, mengobrol selama perjalanan adalah obat jenuh yang paling ampuh. Tetapi janganlah mengobrol terus-terusan. Kamu dan keluargamu membutuhkan istirahat yang cukup selama di perjalanan dan sebaiknya tidak mengganggu orang yang ada di sekitarmu.

4. Mengenakan Baju yang Tidak Nyaman

Hindari mengenakan pakaian terlalu terbuka atau memiliki bahan yang tidak nyaman. Berada dalam kendaraan dalam waktu yang cukup lama akan membuat ruang gerakmu terbatas. Pastikan kamu juga membawa jaket untuk menghalau dinginnya udara AC kendaraan.

5. Tidak Tepat Waktu

Jika kamu naik moda transportasi umum, pastikan diri untuk selalu tepat waktu agar tidak tertinggal rombongan. Apabila pergi dengan kendaraan sendiri, jangan lupa berlama-lama di jalan untuk hal yang kurang perlu agar kamu sampai di tujuan lebih awal.

6. Membawa Barang Terlalu Banyak

Mudik Lebaran biasanya akan membuatmu banyak membawa barang untuk oleh-oleh keluarga di kampung halaman. Namun, jangan sampai membuatmu kesulitan bergerak atau kerepotan membawanya. Bawalah barang yang benar-benar penting saja untuk keselamatan dirimu juga.

7. Lupa Membawa Obat-obatan Pribadi

Pergi dalam waktu yang lama terkadang tidak nyaman bagi sebagian orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Selalu sediakan obat-obatan pribadi seperti obat pusing, masuk angin, maag dsb agar mudik aman sampai tujuan. (b/mr)