60 Orang Tewas akibat Ledakan di Tambang Emas Burkina Faso

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sekitar 60 orang tewas setelah ledakan di tambang emas darurat di sebuah desa di barat daya Burkina Faso, kata pejabat setempat.

Ledakan itu terjadi di sebuah pasar di lokasi penambangan emas ketika dinamit yang disimpan di sana terbakar, kata saksi mata.

"Ada mayat berserakan di mana-mana. Itu adalah ledakan yang berhasil menumbangkan pohon dan meruntuhkan rumah," kata sumber pengadilan kepada Reuters.

Puluhan orang yang terluka telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Diperkirakan wanita dan anak-anak termasuk di antara korban, kantor berita AFP melaporkan.

Investigasi dibuka atas insiden Senin (21/2), setelah jaksa wilayah mengunjungi tempat kejadian di dekat kota Gaoua.

Satu orang telah ditangkap, dan ditahan untuk diinterogasi.

Tambang emas tersebut telah ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut menurut kantor berita Burkina Faso, AIB.

Ledakan itu digambarkan menghancurkan "semua yang ada di jalurnya," menurut seorang reporter berita lokal dari RTB TV.

Banyak penambang di lokasi itu adalah orang-orang terlantar dari tempat lain di negara itu, kata pemimpin lokal Sansan Urbain Kambou kepada Reuters.

Burkina Faso adalah salah satu produsen emas terbesar di Afrika, dengan banyak tambang dijalankan oleh perusahaan internasional, serta yang informal tanpa sedikit oversite atau regulasi.

Wartawan BBC Afrika Barat Nicolas Negoce mengatakan bahwa sejak 2009, emas telah menjadi ekspor utama Burkina Faso, melampaui kapas.

Pada tahun 2020, negara tersebut menghasilkan 54 ton emas, dibandingkan dengan 45 ton pada tahun 2019, meningkat 20%, menurut kementerian yang bertanggung jawab atas pertambangan dan penggalian.

Sekitar seperempat dari total output berasal dari tambang yang tidak sah, yang menyediakan pekerjaan bagi sekitar 1,5 juta orang, kementerian memperkirakan.

Kecelakaan mematikan seperti atap runtuh sering terjadi di tambang informal di banyak negara Afrika.

Bulan lalu, sedikitnya 13 orang tewas dalam ledakan besar di negara tetangga Ghana setelah sebuah truk yang membawa bahan peledak ke tambang emas bertabrakan dengan sebuah sepeda motor. (bbc/dd)