58 HPR di Kelurahan Sunter Jaya Divaksin Rabies Gratis

By Al


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara kembali menggelar vaksinasi rabies gratis bagi hewan penular rabies (HPR). Kali ini, vaksinasi melayani warga pemilik HPR di RW 04, RW 05, RW 06 dan RW 07, Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada Perda Nomor 11 Tahun 1995 tentang Pengawasan Hewan Rentan Rabies, serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Selain itu, vaksinasi ini diadakan dalam rangka World Rabies Day yang diperingati setiap 29 September.

"Kami ingin Jakarta tetap bebas rabies. Untuk itu layanan vaksinasi rabies gratis ini diberikan untuk HPR seperti kucing, anjing, musang dan kera," ujarnya, di lokasi pelaksanaan vaksinasi di Kantor RW 06 Kelurahan Sunter Jaya

Unang menjelaskan, di Kelurahan Sunter Jaya sendiri akan dilakukan kegiatan selama tiga hari. Untuk pelaksanaan kegiatan hari ini ada 58 ekor HPR yang divaksin terdiri dari 53 ekor kucing dan anjing sebanyak lima ekor.

"Ada lima ekor kucing yang tidak dapat divaksin lantaran sedang flu sehingga hanya diberikan obat saja," terangnya.

Menurutnya, kegiatan serupa akan digelar besok di Kantor RW 10, Kelurahan Sunter Jaya yang melayani warga di RW 08, RW 10, RW 12 dan RW 13.

"Pada 8 September 2021 akan digelar di Kantor RW 11 untuk melayani warga di RW 09, RW 11, RW 14 dan RW 15," terangnya.

Ia menambahkan, persyaratan HPR yang akan divaksin adalah hewan harus sehat, tidak sedang sakit, tidak sedang hamil, tidak sedang menyusui dan berumur lebih dari lima bulan.

"Target kita tahun ini 4.500 HPR yang akan divaksin dan sampai saat ini sudah mencapai 2.321 HPR terdiri dari 1.550 ekor kucing, 700 ekor anjing, delapan ekor kera dan 63 ekor musang," bebernya.

Sementara itu, salah seorang pemilik HPR, warga RT 04/04, Kelurahan Sunter Jaya, Sofiyatun mengaku senang dan merasa terbantu dengan adanya vaksinasi rabies gratis ini.

"Sangat menghemat biaya apalagi kucing saya ada tiga ekor. Semoga ke depan juga ada layanan door to door karena terkadang warga kesulitan membawa HPR ke lokasi vaksin," tandasnya