53 Kabupaten/Kota Komitmen Lestarikan Daerah Bersejarah di Indonesia

By Admin


nusakini.com - Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia bekerjasama dengan Dutch Culture the Netherlands and the International Institute of Asian Studies (IIAS), menyelenggarakan kegiatan Heritage International Workshop di Werdhapura, Denpasar, Bali.

Ada 53 kabupaten/kota yang telah berkomitmen untuk bekerja bersama-sama dalam melestarikan dan mengembangkan warisan urban (Kota Pusaka) yang ada di wilayah daerah masing-masing. 

“Saya mengapreasi Pemerintah Belanda, yang telah mendukung acara penting ini”, tutur Direktur Jenderal Cipta Karya Andreas Suhono saat menutup acara tersebut, di Denpasar (13/05/2016). 

Program ini bertujuan untuk membangun warisan perkotaan yang berkelanjutan dengan karakter yang kuat dan menjadi bagian dari jaringan kota warisan dunia yang berkelanjutan yang diakui oleh UNESCO. 

Ditjen Cipta Karya melaksanakan peningkatan kapasitas dalam perencanaan dan pelestarian warisan, dan revitalisasi kabupaten/kota yang bersejarah. 

"Program ini terdiri dari beberapa tahap pembangunan. Mulai dari tahap persiapan kemudian dilanjutkan dengan perencanaan, pengembangan dan pengendalian, proses serah aset dan pemanfaatan dan pemeliharaan. Semua kegiatan ini diharapkan dapat mendukung upaya kami dalam mengelola dan melestarikan kota warisan di Indonesia," tegas Andreas. 

Andreas berharap setiap distrik bersejarah di kabupaten/kota akan terdaftar sebagai salah satu Kota Warisan Dunia UNESCO. Ditambahkannya tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan kapasitas pemerintah baik pusat dan daerah untuk melestarikan dan mengembangkan warisan perkotaan.(if/mk)