45 PPSU Pinangsia Bantu Bersihkan Kawasan Kota Setiap Hari

By Al


nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 45 personel PPSU Kelurahan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, setiap hari dikerahkan untuk membantu membersihkan kawasan wisata Kota Tua.

Camat Taman Sari, Agus Suleman mengatakan, 45 pasukan oranye ini disebar ke sejumlah titik, mulai dari jalur pedestrian, taman, hingga fasilitas umum yang ada di sepanjang Jalan Kali Besar Barat, Jalan Lada, Jalan Kunir, hingga Jalan Kali Besar Timur.

Menurut Agus, petugas PPSU ini bekerja dibagi dalam tiga shift. Untuk shft pertama mulai pukul 05.00 hingga 14.00, lalu shift kedua dimulai pukul 07.00 hingga 15.00 dan shit ketiga dari pukul 15.00 sampai pukul 23.00.

"Kita bagi dalam tiga shift kerja, tiap shift 15 petugas," kata Agus

Agus menegaskan, pihaknya selalu berupaya secara optimal menjaga kawasan Kota Tua in tetap rapi, bersih, aman dan nyaman.

"Kami support, agar pengunjung betah berwisata ke Kota Tua," tukasnya,  

Selain PPSU kelurahan, pihak Pengelola Kawasan Kota Tua juga menerjunkan 53 PJLP yang khusus bertugas membersihkan areal lingkar dalam seperti halaman, teras dan ruang dalam museum.

Kepala Unit Pengelola Kawasan Kota Tua Dedi Tarmizi mengatakan, 53 petugas PJLP kebersihan ini setiap hari bekerja dalam dua shift mulai pukul 08.00 hingga pukul 22.00.

"Mereka juga aktif mengingatkan pengunjung untuk tetap jaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah sembarangan," ujar Dedi,

Dedi mengungkapkan, di kawasan Kota Tua juga telah dilengkapi 40 dustbin untuk sampah organik, non organik, dan sampah B3.

"Dustbin ini disediakan Dinas Lingkungan Hidup DKI," ungkapnya.