nusakini.com-Jakarta-Sebanyak 40 siswa dari 20 sekolah yang tergabung dalam Sekolah Kolaborasi Jakarta, sangat antusias mengikuti workshop Kelas Seni Pelajar dalam rangka Bulan Seni Rupa TIM di Ruang Retail Lantai 2 Gedung Panjang Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Kamis (30/6). Ada dua kelas yang diikuti para siswa yaitu Food Photography dan Pembuatan Comic Strip.

Ketua UPT Kerjasama dan Komunikasi Fakultas Seni Rupa dan Design Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Oky Arfie mengatakan, 40 siswa yang ikut dalam kegiatan ini berasal dari 20 sekolah, di antaranya SMAN 1 Jakarta, SMAS Taman Madya 5, SMAS Sunda Kelapa, SMKN 14 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, dan SMKS Santa Maria.

"Kegiatan ini hasil kolaborasi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan PT Jakpro," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari pelajaran ekstrakulikuler siswa SMA atau SMK. Dengan demikian, workshop ini mempunyai nilai tambah dalam ruang keilmuan para siswa.

Selain praktik, lanjut Oky, para siswa juga dibekali materi ilmu praktis tentang kualitas fotografi makanan, seperti karakteristik, warna, tekstur makanan yang dapat menghasilkan sesuatu hasil foto yang berbeda-beda.

"Harapan saya, ada satu ilmu yang mereka dapat dari workshop ini. Mereka presentasikan produk makan yang mereka buat ke sosial media pribadi," tuturnya.

Dosen Seni Rupa OKJ, Amir Muchtar menambahka, untuk pembuatan Comic Strip siswa dibebaskan menentukan tema yang mereka inginkan. Hanya saja dalam workshop ini ia mengajarkan para siswa terlebih dahulu belajar membuat premise dan cerita.

"Kami ajarkan mereka membuat premise. Premise itu harus tahu dulu siapa (tokoh), mau apa (konflik) dan bagaimana (resolusi ending). Barulah mereka membuat sketsa komiknya. Hal ini bertujuan agar antara alur cerita dengan sketsanya menyatu sehingga menciptakan karakter tersendiri bagi para siswa," bebernya.

Farhan, pelajar SMKN 28 yang ikut dalam kegiatan ini, mengaku sangat senang karena dirinya mendapat banyak tambahan pengetahuan tentang praktik food photography.

"Saya hobi Food Photography. Kali ini objek saya adalah menu nasi goreng dan buah pisang yang kami hias sedemikian rupa, saya ambil tema simpel tapi indah," katanya.

Hal serupa diutarakan Nimika Fania Putri, siswi kelas 10 SMAN 68 Jakarta. Dia mengatakan, kegemarannya menggambar memotivasi untuk ikut workshop pembuatan Comic Strip.

Menurutnya, tema yang diberikan pengajar tidak sulit sehingga mudah diserap dan dipraktikan,

"Saya ambil alur cerita dari komik Jepang berjudul Attack on Titan, salah satu tokohnya mempunyai kekuatan super," jelasnya.

Dia berharap, kegiatan seperti ini sering diadakan, sehingga siswa-siswa yang memiliki bakat di bidangnya dapat tersalurkan dengan baik.

"Yang penting sekali ilmunya, kami diajarkan membuat narasi komik yang benar. Kalau ini sering diadakan bakal seru," pungkasnya. (rls)