2016, Pemerintah Bangun 42 Ribu Rumah Subsidi dengan Fasilitas PSU

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Pada tahun 2016, pemerintah merencanakan akan membangun 42.000 unit rumah bersubsidi yang dilengkapi dengan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU). Anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan tersebut yakni Rp 7 juta per unit. Dana itu dimasukkan dalam Program Dukungan PSU Direktorat Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera).

Menurut Kasubdit Bantuan Rumah Umum Direktorat Rumah Umum dan Komersial Kemenpupera Kukuh Firmanto, tiga komponen Bantuan PSU 2016 di antaranya jalan lingkungan, penerangan jalan umum (PJU) dan ruang terbuka nonhijau. Seperti tempat parkir untuk rumah susun atau lapangan olahraga dan taman bermain untuk rumah tapak.

"Dukungan program PSU tersebut diharapkan akan meningkatkan kualitas infrastruktur dasar. Dengan begitu perumahan bersubsidi diharapkan makin diminati masyarakat” kata Kukuh.

Dengan demikian, Kukuh meminta pemerintah daerah dapat segera mengusulkan lokasi perumahan yang memang layak mendapatkan bantuan. Ke depan, bantuan PSU akan ditambah setelah menjaring usulan baik dari pemerintah daerah maupun para pengembang perumahan bersubsidi soal penetapan lokasi.(mk)