20 Pelajar SMA Ikuti Pelatihan Robotik

By Al


nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 20 pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti pelatihan robotik di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Permai, Jalan Bintaro Permai III, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) terkait pelatihan teknologi digital sebagai pengenalan Revolusi Industri 4.0 kepada remaja yang diprakarsai oleh Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) bekerja sama dengan pengelola RPTRA Permai.

"Pemateri atau instruktur adalah tenaga pengajar UPJ dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Informatika (HIMAFORKA) UPJ," ujar Ketua PKM UPJ, Nur Uddin

Dijelaskannya, pelatihan ini mengajarkan pembuatan robot berteknologi WiFi yang meliputi pelatihan untuk membangun sistem mekanik robot, sistem elektrik robot, membuat kode program untuk menjalankan robot, dan menanamkan kode program ke dalam mikrokontroller, serta membuat mobile application untuk mengendalikan robot.

"Mikrokontroler yang digunakan dalam pelatihan ini adalah NodeMCU yang mendukung komunikasi melalui WiFi sehingga robot dapat dikendalikan dari smartphone," terangnya.

Salah seorang peserta Namira Dwinda dari SMK Negeri 6 Jakarta merasa bersyukur dengan adanya pelatihan membuat robot. Terlebih, pelatihan berlangsung dalam suasana yang menyenangkan layaknya sedang bermain.

"Pelatihan ini menjawab imajinasi saya saat kecil yang berkeinginan memiliki robot. Sangat bermanfaat ternyata tidak serumit yang kita bayangkan," ungkapnya.

Sementara, Pengelola RPTRA Permai, Farida menuturkan, pihaknya menyambut baik setiap kegiatan positif yang diadakan di RPTRA dengan konsep partisipasif kolaboratif sesuai keinginan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Ke depan kami juga masih memiliki agenda kerja sama lainnya dengan beberapa lembaga pendidikan dan komunitas lain," tandasnya.