2 Petugas Kampus Tewas Ditembak di Virginia

By Nad

nusakini.com - Internasional - Dua petugas kampus ditembak dan dibunuh pada hari Selasa (1/2) dalam situasi penembak aktif di Bridgewater College di Virginia, menurut juru bicara perguruan tinggi Logan Bogert.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa seorang petugas polisi kampus dan petugas keamanan kampus meninggal karena luka tembak hari ini," kata Bogert kepada Josh Campbell dari CNN.

Presiden perguruan tinggi David Bushman, dalam sebuah pesan di halaman Facebook sekolah, menyebut penembakan itu sebagai "tragedi yang tak bisa dibayangkan."

"Petugas Polisi Kampus John Painter dan Petugas Keamanan Kampus JJ Jefferson ditembak dan dibunuh di kampus saat melindungi kami," tulis Bushman. "Para petugas ini adalah teman dekat, yang dikenal oleh banyak dari kami sebagai 'duo dinamis'. John adalah 'best man' JJ dalam pernikahannya tahun ini. Mereka dicintai oleh mahasiswa, fakultas, dan staf. Saya terluka untuk keluarga dan orang yang mereka cintai, seperti yang saya tahu kita semua lakukan."

Polisi Negara Bagian Virginia mengidentifikasi tersangka sebagai Alexander Wyatt Campbell berusia 27 tahun dari Ashland, Virginia.

Campbell telah didakwa dengan dua tuduhan kejahatan pembunuhan besar, satu tuduhan kejahatan pembunuhan tingkat pertama dan satu tuduhan kejahatan penggunaan senjata api dalam melakukan kejahatan, juru bicara Kepolisian Negara Bagian Virginia Corinne Geller mengatakan pada konferensi pers Selasa malam.

Dia ditahan tanpa tebusan di Penjara Kabupaten Rockingham. Tidak diketahui apakah Campbell telah memperoleh seorang pengacara.

Insiden itu dimulai ketika petugas polisi kampus menanggapi panggilan dari seorang pria yang mencurigakan di halaman dekat Memorial Hall sekitar pukul 13:20, menurut Geller. Ketika Jefferson dan Painter tiba, mereka berinteraksi singkat dengan tersangka, yang kemudian menembak mereka berdua dan melarikan diri.

Pihak berwenang dari beberapa lembaga di sekitarnya menanggapi daerah itu dan segera mulai mencari tersangka, kata Geller.

"Seorang pria yang sesuai dengan deskripsi penembak berada di Riverside Drive di luar kampus di kota Bridgewater," kata Geller. "Dia kemudian mengarungi sungai dan ke sebuah pulau di Sungai Utara," di mana dia ditahan tanpa insiden lebih lanjut.

Campbell memiliki luka tembak yang tidak mengancam jiwa dan dirawat di rumah sakit setelah penangkapan, kata Geller. Polisi sedang menyelidiki apakah luka tembaknya disebabkan oleh dirinya sendiri atau akibat baku tembak dengan petugas kampus.

"Beberapa senjata api yang terkait dengan Campbell telah ditemukan sebagai barang bukti," katanya.

Beberapa orang mendengar atau menyaksikan penembakan itu, kata Polisi Negara Bagian Virginia, dan badan tersebut meminta bantuan publik untuk informasi apa pun.

Perintah perlindungan di tempat yang dilakukan kampus hampir sepanjang sore itu kemudian dicabut.

Gubernur Glenn Youngkin memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang pada Rabu (2/2) untuk menghormati perwira Jefferson dan Painter. (cnn/dd)