2 Aktivis Pro-Demokratis Hong Kong Dituntut Pasal Penghasutan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Dua mantan editor top outlet media online pro-demokrasi Hong Kong, Stand News, didakwa melakukan penghasutan pada Kamis menyusul penggerebekan di kantornya sehari sebelumnya, menurut polisi.

Mantan pemimpin redaksi Chung Pui-kuen yang sekarang sudah tidak berfungsi muncul di pengadilan setelah didakwa di bawah Undang-undang Kejahatan era kolonial dengan konspirasi untuk menerbitkan publikasi penghasutan.

Patrick Lam, yang bertindak sebagai pemimpin redaksi sebelum penangkapan mereka pada hari Rabu (29/12), menghadapi dakwaan yang sama tetapi tidak hadir di pengadilan karena dia berada di rumah sakit.

Polisi keamanan nasional kota mengatakan mereka akan memperpanjang tuduhan yang sama terhadap perusahaan induk, meskipun tidak ada perwakilan yang hadir selama sidang hari Kamis (30/12).

Penyanyi dan aktivis Denise Ho, yang termasuk di antara lima orang lain yang terkait dengan Stand News yang ditangkap karena pelanggaran yang sama, telah dibebaskan dengan jaminan bersama dengan setidaknya dua orang lainnya, menurut laporan media setempat.

Setelah penangkapan, Stand News mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan operasi dan memberhentikan semua karyawannya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengutuk serangan dan penangkapan itu dalam sebuah pernyataan, menyerukan pembebasan mereka yang ditahan.

"Pemerintah yang percaya diri dan tidak takut akan kebenaran merangkul kebebasan pers," tulis Blinken. "Jurnalisme bukanlah hasutan."

Pada konferensi pers, Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam menanggapi pernyataan itu, menekankan bahwa serangan Stand News "tidak ada hubungannya dengan apa yang disebut penindasan kebebasan pers."

Lam lebih lanjut membantah klaim bahwa pemerintah menargetkan media oposisi dan menekankan bahwa sementara jurnalisme itu sendiri bukanlah hasutan, menghasut orang lain melalui tindakan dan kegiatan hasutan "dengan kedok pelaporan berita" tidak dapat dimaafkan.