1.634.980 Lembar Surat Suara Tiba di KPU Jaksel

By Admin


nusakini.com - Sebanyak 1.634.980 lembar surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta tiba di kantor KPU Jakarta Selatan di Jl Kalibata Tengah, Pancoran, Senin (23/1).

Jumlah surat suara itu sudah termasuk tambahan 2,5 persen atau 41.280 lembar surat suara. Nantinya surat suara akan dikirim ke 2.973 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 10 kecamatan.

Kepala Kantor Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Selatan, Muhammad Ikbal mengatakan, sebelum dikirim ke 2.973 TPS, seluruh lembar surat suara ini akan disortir terlebih dulu. Ini untuk mengetahui ada yang rusak atau tidaknya surat suara.

Setelah penyortiran selesai, lanjut Iqbal, surat suara akan dimasukkan ke dalam amplop sesuai dengan nama TPS. Kemudian dikirim dengan pengawalan ketat aparat kepolisian.

“Penyortiran akan dilakukan selama sekitar satu minggu. Kita lakukan mulai Selasa (24/1) besok dan ditargetkan rampung pada 31 Januari mendatang,” kata Ikbal.

Penyortiran akan melibatkan sekitar 40 petugas yang sudah profesional dan memiliki pengalaman. Selama di dalam gudang, surat suara akan dijaga ketat aparat kepolisian selama 24 jam.

"Jumlah personel kepolisian yang berjaga 5-10 anggota, dilengkapi dengan senjata api," tandas Iqbal.(pr/kj/al)