160 Warga Tanjung Priok Dilatih Kewirausahaan Industri

By Al


nusakini.com - Jakarta - Sejak Januari hingga Juni 2019, Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Jakarta Utara telah merekrut 160 warga Kecamatan Tanjung Priok dalam program pelatihan wirausaha industri baru. Ditargetkan, 520 warga akan ikut dalam pelatihan ini hingga akhir tahun nanti.  

Sekretaris Camat Tanjung Priok, Didit Mulyadi mengatakan, 160 warga yang berasal dari tujuh kelurahan di wilayahnya itu telah mendapat materi pelatihan kewirausahaan bidang makanan minuman, fashion, kerajinan dan produksi sabun.

"Materinya termasuk motivasi, trik dan tata cara membangun usaha baru. Hasilnya sekitar 40 persen peserta pelatihan sudah memulai usaha," ujarnya

Diharapkan Didit, peserta yang sudah membuka usaha memotivasi mereka yang sudah mengikuti pelatihan maupun warga untuk berwirausaha. Dengan begitu, perekonomian masyarakat akan tumbuh signifikan.

PJLP Pendamping Program PKT Suku Dinas PE di Kecamatan Tanjung Priok, Khaerul Isnan mengatakan, program PKT Suku Dinas PE tidak hanya melatih warga, tapi juga melakukan pendampingan hingga membantu proses perizinan dan pengembangan usaha.

"Hingga saat ini sudah 12 dari 160 peserta memiliki IUMK dan lainnya sedang proses. Tahun ini kita menargetkan 520 warga dilatih," tandasnya.(pr/kj/al)