16 Kota Dunia dengan Sistem Transportasi Tidak Aman untuk Wanita

By Admin


nusakini.com - Kaum perempuan, di negara manapun mereka berada adalah kaum yang paling rentan berpotensi menghadapi pelecehan, kekerasan dan intimidasi di jalan yang terkait dengan sistem layanan transportasi yang mereka gunakan.

Thomson Reuters Foundation, bekerja sama dengan perusahaan polling YouGov, meminta partisipasi lebih dari 6.550 wanita di 15 dari 20 kota-kota terbesar di dunia, ditambah New York (kota terbesar di Amerika Serikat).

Di antara kota-kota di Asia yang disurvei tersebut, Jakarta juga berada di urutan teratas dibandingkan Kuala Lumpur, Malaysia; Bangkok, Thailand; Manila, Filipina; dan Beijing, China. Ibu kota Indonesia ini menempati urutan kelima dari 16 kota di dunia karena ketidakamanan transportasinya.

Dari hasil survey ini, Bogota serta dua ibu kota Amerika Latin lainnya, yaitu Mexico City dan Lima (Peru), merupakan tiga kota dengan sistem transportasi yang paling tidak aman, setidaknya untuk wanita.

Mary Crass, Kepala Kebijakan Forum Transportasi Internasional OECD, mengatakan, hasil tersebut menyoroti perlunya tindakan lebih dari pemerintah dan pihak keamanan.

"Ketika ada yang dapat diandalkan, transportasi sulit diakses, ini dapat memengaruhi perempuan dan kemampuan orang untuk mengakses peluang, dan terutama bekerja, di daerah perkotaan. Hal ini dapat membuat perbedaan besar, khususnya bagi perempuan," katanya seperti yang dikutip dari Reuters.

Menurutnya, Kekerasan dan ancaman kekerasan dapat membatasi gerakan dan kebebasan perempuan. Kekerasan bisa mengurangi kemampuan perempuan untuk berpartisipasi di sekolah, dalam pekerjaan, dan dalam kehidupan bermasyarakat.

Berikut adalah 16 kota dengan sistem transportasi yang berbahaya bagi perempuan:

1. Bogota, Kolombia
2. Mexico City, Meksiko
3. Lima, Peru
4. New Delhi, India
5. Jakarta, Indonesia
6. Buenos Aires, Argentina
7. Kuala Lumpur, Malaysia
8. Bangkok, Thailand
9. Moskwa, Rusia
10. Manila, Filipina
11. Paris, Perancis
12. Seoul, Korea Selatan
13. London, Inggris
14. Beijing, China
15. Tokyo, Jepang
16. New York, Amerika Serikat. (am)